PSBB, Bareskrim Polri Menyalurkan 10.000 Paket Sembako Di DKI-Jabar-Banten

0
96
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) telah menggelar kegiatan bakti sosial pada Selasa (21/4) dengan tema Indonesia Berbagi, Sehat Bersama Melawan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Bareskrim Polri telah membagikan sebanyak 10.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) kepada masyarakat di Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Jawa Barat (Jabar), dan Banten yang terdampak pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Wakil Kepala Bareskrim Polri, Inspektur Jenderal (Irjen) Polisi (Pol). Wahyu Hadiningrat, S.I.K., M.H., melalui siaran pers, menyampaikan pesan Kepala Bareskrim Polri, Komisaris Jenderal (Komjen) Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bahwa masyarakat harus bersatu melawan penyebaran virus corona.

“Kami optimistis pandemi COVID-19 ini akan berakhir melalui sinergitas Tentara Nasional Indonesia (TNI) – Polri. Saya yakin dan percaya dengan semangat dan kesungguhan dari kita semua, keyakinan yang tinggi, sikap optimisme dan kebersamaan yang telah terjalin baik selama ini antara Polri dan TNI,” tuturnya pada Selasa (21/4).

Kita, lanjutnya, pasti mampu melewati dan menangani wabah COVID-19 serta penyebarannya sehingga wabah ini dapat segera berakhir sesuai dengan harapan kita semua.

“Tujuan dilakukannya bakti sosial ini adalah untuk membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19, sebagai wujud nyata dan kepedulian TNI-Polri. Terlebih pekan ini, umat Islam di Indonesia akan menjalankan puasa. Mari kita sambut dengan gembira,” ujarnya.

Pernyataan senada diungkapkan oleh Kepala Biro Perencanaan dan Administrasi (Karo Renmin) Polri, Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol. Dr. H. Dadang Hartanto, S.H., S.I.K., M.Si. Menurutnya, pendistribusian bantuan dilakukan secara door to door untuk menghindari kerumunan massa.

“Pendistribusiannya mengikuti pedoman tentang protokol kesehatan dan physical distancing dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19,” jelas Brigjen Pol. Dr. Dadang Hartanto pada Selasa (21/4).

Brigjen Pol. Dadang pun merinci paket sembako yang terdiri dari gula sebesar 1 Kilogram (Kg), beras 5 Kg dan minyak goreng 2 liter. Bantuan ini akan didistribusikan di tiga provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten.

“Untuk sementara akan dibagikan kepada warga di Kota dan Kabupaten Serang, Kota Tangerang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bogor. Nanti secara rutin dilakukan setiap dua pekan,” katanya.

Kegiatan bakti sosial ini menindaklanjuti imbauan Kepala Polri (Kapolri), Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si., mengenai pelaksanaan kegiatan bakti sosial Polri jelang bulan suci Ramadhan, sebagai wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Melalui surat telegram bernomor: ST/1205/IV/KEP./2020 tertanggal 15 April 2020 ini, Kapolri meminta kepala satuan kerja/ kepala satuan wilayah untuk melaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako secara serentak pada Selasa (21/4).

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY