Presiden: Indonesia Harus Bersatu, Saling Peduli dan Berbagi Menghadapi COVID-19

0
119
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, menyatakan bahwa bangsa Indonesia dapat menjadi pemenang dalam mengendalikan pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) dan memulihkan ekonomi pasca pandemi. Syaratnya, kita harus bersatu, saling peduli, dan saling berbagi antar sesama.

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Presiden Joko Widodo menyatakan hal itu pada Senin (1/6), saat memimpin upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila secara virtual di Ruang Garuda, Istana Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat.

“Semua dalam kesulitan, tetapi kita juga harus menyadari semua negara tengah berlomba-lomba untuk menjadi pemenang, menjadi pemenang dalam pengendalian virus maupun menjadi pemenang dalam pemulihan ekonominya,” ujar Presiden Joko Widodo pada Senin (1/6) pagi.

Namun, lanjutnya, Indonesia tidak sendirian dalam menghadapi pandemi COVID-19 akibat Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) Corona Virus (CoV)-2. Saat ini, ada 215 negara di dunia yang berada dalam kondisi seperti Indonesia.

“Selamat hari lahir Pancasila, selamat hari lahir Pancasila, selamat hari lahir Pancasila, mari kita selalu bersatu, saling peduli dan selalu berbagi untuk kemajuan negeri kita tercinta ini,” tegas Presiden Joko Widodo.

Meskipun digelar secara virtual, para pejabat negara yang hadir, termasuk pejabat Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), tetap berpakaian resmi dengan mengenakan jas dan kopiah bagi pria dan baju kerja resmi bagi wanita. Mereka juga kompak memakai masker.

Sebelumnya, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dijadwalkan digelar di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Kota Jakarta Pusat, secara langsung. Bahkan pesertanya dijadwalkan hadir sekitar 100 orang.

Namun akhirnya, upacara tidak jadi digelar secara langsung di Gedung Pancasila, tetapi digelar secara virtual dari tempat para penyelenggara masing-masing.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY