Gubernur Sulsel Apresiasi Fitur ‘Buka Kurban Daring’ Dari Bukalapak

0
96
Sumber: https://www.bukabaca.id/

NEWSCOM.ID, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) memberikan apresiasi positif kepada PT. Bukalapak.com dan sembilan mitra strategisnya atas inisiatifnya dalam kegiatan Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional pada Rabu (29/7) pagi.

Seperti dikutip dari laman https://rri.co.id/, Gubernur Sulsel, Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Nurdin Abdullah, M.Agr., menyatakan hal itu pada Rabu (29/7) secara daring, saat memberikan kata sambutan dari Rumah Dinas Gubernur, Sawerigading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulsel.

“Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel sangat mendukung serta mengapresiasi pencanangan gerakan teladan berqurban yang diinisiasi oleh Bukalapak bekerjasama dengan sembilan mitranya,” tutur Gubernur Prof. Nurdin Abdullah.

Kami, lanjutnya, mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim, Dompet Dhuafa, Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah (LAZIS) Nahdlatul Ulama (NU), dan LAZIS Muhamadiyah yang telah memilih Sulsel sebagai tempat pendistribusian hewan qurban.

“Terima kasih juga kepada Bukalapak yang telah memfasilitasi mudhohi (pelaksana ibadah kurban) untuk tetap bisa berkurban dalam kondisi pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19),” ujarnya.

Apalagi, ungkapnya, PT. Bukalapak.com juga membuka layanan qurban online atau fitur Buka Qurban, dimana masyarakat bisa berqurban secara daring.

Menurutnya, fitur kurban daring ini merupakan bukti bahwa gerakan ini adalah bentuk sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah, organisasi keagamaan, e-Commerce dan lembaga-lembaga pengelola zakat, infaq, dan sedekah.

Adapun sembilan mitra strategis PT. Bukalapak.com dalam Gerakan Teladan Berkurban Nasional ini, antara lain LAZISNU, LAZISMU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Qurban Nusantara, LAZIS Bank Syariah Mandiri (BSM), Rumah Zakat, Pusat Zakat Umat (PZU) Persatuan Islam (Persis).

Satu mitra strategis PT. Bukalapak.com lainnya ialah Program Domba Kambing Nasional (Prodombas) Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), Pemprov Sulsel, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, serta Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Hal ini terlihat dari kehadiran secara virtual Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, yang juga menjadi narasumber utama (keynote speaker) dan memberikan arahan dalam acara ini.

Turut hadir secara virtual Menteri Agama (Menag) RI, Jenderal Tentara Nasional Indonesia (TNI) (Purnawirawan/ Purn.) Fachrul Razi, S.I.P., S.H., M.H., selaku narasumber utama. Menag Fachrul Razi juga meresmikan fitur buka kurban daring dalam acara ini.

Hadir pula secara virtual Wakil Gubernur (Wagub) Jatim, Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., dari Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur (Jatim), Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Provinsi Jatim. Ia juga memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Sedangkan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi S.E., B.Econ., M.M., hadir secara langsung dari lokasi acara di kompleks peternakan kambing Ngudi Dadi Farm, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY