Wapres Ma’ruf: “Peningkatan Hubungan Erat Indonesia-Korea Melalui Investasi dan Alih Teknologi”

0
64
Sumber: http://www.wapresri.go.id/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sejarah mencatat bahwa kedatangan warga Korea ke Indonesia terjadi sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Bahkan beberapa diantara mereka telah membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia. Karena iu, Indonesia dan Korea memiliki hubungan yang erat.

Seperti dikutip dari laman http://www.wapresri.go.id/, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, menyatakan hal itu pada Ahad (20/9). Tepatnya saat memberikan kata sambutan dalam Peringatan 100 Tahun Kedatangan Warga Korea di Indonesia.

“Hubungan yang telah terjalin baik antara Indonesia dengan Korea ini harus ditingkatkan, salah satunya melalui kerja sama di bidang teknologi, dimana Indonesia bisa belajar banyak dari Korea,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Ahad (20/9).

Indonesia, lanjutnya, bisa belajar banyak dari Korea. Misalnya, investasi dan alih teknologi dari Korea yang kita harapkan bisa membuat produk Indonesia semakin meningkat kualitasnya. “Bahkan bisa diekspor ke luar negeri,” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun berharap agar produk-produk Indonesia semakin banyak yang bisa diterima di Korea. Wapres menyatakan hal itu secara daring, melalui Konferensi Video, dari Kediaman Resmi Wapres RI di Jalan Diponegoro Nomor 2, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ahad (20/9).

“Dengan banyaknya produk-produk asal Korea yang diproduksi di Indonesia, maka kondisi ini dapat menjadi momentum pembelajaran bagi anak-anak bangsa untuk dapat menciptakan produk dengan kualitas yang baik dan berdaya saing,” jelasnya.

Harapannya, ucap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin, dalam jangka panjang kondisi tersebut dapat mendorong proses industrialisasi Indonesia. Apalagi hubungan sosial budaya antara Korea dan Indonesia saat ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi generasi muda Korea.

Menurutnya, budaya Korea yang melalui diseminasi di Indonesia, seperti K-Pop (musik pop Korea) dan K-Drama (film drama Korea), ternyata memiliki potensi untuk meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia. “Khususnya dalam membawa budaya Indonesia untuk go international (dikenal di mancanegara),” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

“Saat ini, anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreatifitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” tegas Wapres.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY