Guntur Subagja: “Wisata Halal Menjadi ‘Vaksin’ Pariwisata Pasca Pandemi COVID-19”

0
91
Sumber: KICKNEWS Today

NEWSCOM.ID, KOTA MATARAM – Wisata Halal atau Halal Tourism merupakan bagian dari Gaya Hidup Halal atau Halal Lifestyle yang berpotensi besar menjadi solusi dari masalah kelesuan ekonomi di era Normal Baru (New Normal) atau pasca pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., mengonfirmasi hal itu pada Jumat (20/11) sore di Resto Taliwang Moerad, Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Seperti dikutip dari laman https://hariannusa.com/, Guntur Subagja Mahardika menjadi narasumber dalam acara Ngobrol Bareng Staf Wapres & Jubir (Juru Bicara) Sandiaga Uno dengan tema: Wisata Halal dan Momentum Kebangkitan Pariwisata Indonesia pada Jumat (20/11) sore.

“Di tengah pandemi COVID-19 saat ini, justru konsep wisata halal menjadi momentum untuk segera membangkitkan pariwisata Indonesia. Konsep halal tourism dapat menjadi ‘Vaksin’ pariwisata di masa pandemi karena sangat selaras dengan kebijakan era New Normal di masa COVID-19,” tutur Guntur Subagja Mahardika pada Jumat (20/11).

Wisata halal atau halal tourism, lanjutnya, sudah menjadi tren baru dalam konsep pengembangan destinasi wisata di Indonesia.

“Konsep wisata halal semakin mendunia tatkala Provinsi NTB dinobatkan sebagai World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 2015 lalu,” tutur Guntur Subagja Mahardika.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) ini pun menjelaskan bahwa wisata halal merupakan gaya hidup atau lifestyle dari para wisatawan itu sendiri untuk memilih makanan dan tempat yang sehat, bersih dan aman.

“Untuk itu, dengan selera wisata domestik dan lokal yang menjadi target, pariwisata diharapkan bisa segera pulih lebih cepat,” ujarnya.

Jadi wisata halal, ungkapnya, merupakan solusi dari pandemi COVID-19. Halal itu berbicara tentang kebersihan, kesehatan, serta tentang makanan yang sehat dan tempat yang bersih. “Inovasi wisata halal yang diterapkan di NTB bukan hanya sebagai pemantik mempercepat pemulihan pariwisata,” imbuhnya.

Narasumber lainnya dalam acara ini ialah Jubir Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., Bidang Pariwisata, Taufan Rahmadi. Sedangkan moderator sekaligus pembawa acara ini ialah Dadang Hidayat dari KICKNEWS Today.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh KICK ONSITE dan berlangsung sejak Pukul 16.00 – 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), serta disiarkan secara langsung (live streaming) pada laman https://youtu.be/eTV0I-2mP7E / Indoensia Review di Youtube.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY