Pangandaran, Pemulihan Ekonomi Jabar, dan Inovasi Kebijakan Gubernur

0
81
Sumber: Guntur Subagja

NEWSCOM.ID, PANGANDARAN – Gubernur Jawa Barat (Jabar), Dr. H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D., telah melakukan berbagai inovasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah di Jabar. Harapannya, inovasi kebijakan di tingkat provinsi ini dapat diikuti segera oleh pemerintah kabupaten (pemkab) atau pemerintah kota (pemkot) se-Jabar.

Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah (PTED) Provinsi Jabar, Antonius Harso Waluyo Witono, yang akrab disapa Ipong Witono, menyatakan hal itu pada Sabtu (5/12) di Shane Josa Resort, Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Tepatnya saat Ipong Witono menjadi narasumber dalam acara Diskusi Bersama Industri Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Shane Josa Resort. Acara ini diikuti oleh sekitar 30 pelaku Ekraf dan UMKM di Kabupaten Pangandaran, Jabar.

“Saya berharap agar Pemkab Pangandaran dapat menindaklanjuti berbagai inovasi kebijakan yang telah dilakukan oleh Gubernur Jabar, Dr. RIdwan Kamil, untuk mempercepat pemulihan ekonomi daerah di Jabar umjmnya dan di Pangandaran khususnya,” tutur Ipong Witono.

Menurutnya, dalam kunjungan kerja selama dua hari, Jumat (4/12) hingga Sabtu (5/12), di Kabupaten Pangandaran dan Ciamis ini, Satgas PTED Provinsi Jabar telah berdialog secara langsung dengan para pelaku UMKM selama masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

“Di dua kabupaten tersebut, kami tidak hanya mendengarkan suara dan keluh kesah para pengusaha UMKM di masa pandemi, namun juga melakukan sosialisasi program pemulihan daerah,” ungkap Ipong Witono.

Pembicara lainnya dalam acara ini ialah Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang EKonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si.

Kunjungan kerja ini juga bertujuan untuk menggali informasi dan memetakan kondisi ekonomi daerah yang terdampak pandemi COVID-19 di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, Jabar.

Dalam kunjunsgan kerja selama dua hari ini, turut hadir dan menjadi narasumber Sekretaris Satgas PTED Provinsi Jabar, Drs. Benny Bachtiar, M.Si., dan Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, Ir. H. Jafar Ismail, M.M., serta Kadis Parisiwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar, Dr. H. Dedi Taufik Kurohman.

Hadir pula Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jabar, Ir. H. Dadan Hidayat, M.Si., Kadis Kealutan dan Perikanan Provinsi Jabar, H. Dede Sunendar, A.Pi., M.P., dan Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Pangandaran, Drs. H. Dani Ramdhan, M.T., selaku pemateri dalam kunjungan kerja ini.

Turut hadir Wakil Ketua Divisi UMKM Satgas PTED Provinsi Jabar, Joni Janitra, dan Divisi Pemberdayaan Masyarakat Satgas PTED Provinsi Jabar, Raden Nurtafiana S.Pt., M.E., dalam kunjungan kerja ini.

Agenda lainnya ialah kunjungan kerja ke Korporasi Petani PT. Mitra Desa Pamarican di Desa Neglasari, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jabar. Korporasi itu dimiliki oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kecamatan Pamarican.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY