Guntur Subagja: “Ponpes Raudhatul Irfan, Motor Penggerak Ekonomi Masyarakat Ciamis”

0
167
Sumber: Guntur Subagja

NEWSCOM.ID, CIAMIS – Pondok Pesantren (Ponpes) berpotensi besar sebagai hub atau pusat pengembangan ekonomi rakyat, juga sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat di sekitar pesantren.

Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., menyatakan hal itu pada Sabtu (5/12) malam.

Tepatnya saat berkunjung dan bersilaturahmi ke Pondok Pesantren (Ponpes) Raudhatul Irfan di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 257, RT 003, RW 002, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Secara khusus, Guntur Subagja bertemu dan berbincang-bincang dengan pimpinan dan pengasuh Ponpes Raudhatul Irfan, Dr. (Cand.) H. Irfan Soleh, S.Th.I., M.B.A.

“Pada Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020, Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah mencanangkan Akselerasi Ekonomi Kerakyatan Berbasis Pesantren. Penyebabnya, Ponpes berpotensi besar sebagai hub pengembangan ekonomi rakyat,” ujar Guntur Subagja.

Pesantren, lanjutnya, juga sangat strategis sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat di sekitarnya. Kondisi ini sesuai dengan tekad Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin untuk membangun ekonomi syariah berbasis pesantren.

“Saat ini, Wapres KH. Ma’ruf Amin sedang gencar membangun ekonomi umat berbasis pesantren melalui sistem ekonomi syariah. Harapanya, ekonomi syariah model ini juga dapat memajukan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),” jelasnya.

Dalam dialog ini, terlihat para santri di Ponpes Raudhatul Irfan, yang juga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Meengah Atas (SMA), sangat antusia untuk berdiskusi mengenai kewirausahaan.

“Alhamdulillah, para santri yang juga siswa SMP dan SMA itu sangat antusias saat berdiskusi mengenai kewirausahaan,” ucap Guntur Subagja yang juga Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni Program Pascasarjana (PPs.) Universitas Indonesia (UI) itu.

Mereka, ungkapnya, adalah masa depan bangsa, calon-calon pemimpin masyarakat dan pengusaha sukses. Apalagi Ponpes Raudhatul Irfan berfokus pada pengembangan sumber daya manusia (SDM) santri yang menguasai ilmu agama, bahasa Inggris dan entrepreneurship (kewirausahaan).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY