DKT SABISABU Menghadirkan Penulis Buku-Buku Inspiratif dan Ilmiah

0
69
Sumber: Muhammad Ibrahim Hamdani - Koordinator Humas SABISABU

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Satu Birokrat Satu Buku (SABISABU) telah menyelenggarakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) atau Focus Group Discussion (FGD) secara daring pada Sabtu (26/12) malam, dari Pukul 20.00 – 21.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, FGD ini dibuka secara resmi oleh Pendiri dan Penggagas (Founder) SABISABU, Adrinal Tanjung, S.E.Ak., M.Si. Ia berbagi pengalaman selama 13 tahun menulis buku hingga terbentuknya SABISABU.

Saat ini, penulis buku Bukan Birokrat Biasa dan Birokrat Menulis itu juga menjabat selaku Koordinator Bidang Penyiapan Kebijakan Tata Laksana, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia (RI).

Empat narasumber lainnya berasal dari kalangan akademisi dan birokrat. Salah satunya Staf Pengajar di Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) – Universitas Sebelas Maret (UNS), Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd., M.Sc. Ia juga penulis buku Kimia Kehidupan dan Konsep Dasar Kimia Koordinasi.

Dua narasumber lainnya yakni seorang auditor di Inspektorat Kabupaten Sleman, Ardeno Kurniawan, S.E., M.Acc., Ak., yang juga penulis buku Fraud di Sektor Publik dan Integritas Nasional, serta Pemeriksa Senior pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Iwan Novarian Sutawijaya, SE., M. Ak.

Kedua narasumber itu juga bersama-sama menulis buku berjudul: Audit Kinerja: Mendorong Peningkatan Value Organisasi Pemerintah dalam Mewujudkan World Class Government yang terbit pada tahun 2020.

Seorang narasumber lainnya ialah Widyaiswara Ahli Muda Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sumatera Barat, Busra, S.Kom., M.Kom. Beliau telah menulis 24 artikel yang terbit dalam bentuk buletin.

Para narasumber menceritakan pengalaman, kerja keras, kisah sedih dan cerita sukses mereka saat menulis buku. Dinamika kehidupan mereka dalam dunia literasi di kalangan akademisi dan birokrasi ini sungguh menarik untuk dicermati. Termasuk romantika perjuangan hidup dan respon mereka saat menghadapi kegagalan.

Sedangkan moderator dalam DKT ini ialah Koordinator Seminar dan Pelatihan SABISABU, Maghdalena. Ia juga mengemban amanat selaku Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Rumah Poduktif Indonesia (RPI) Sumatera Barat (Sumbar).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY