SABISABU-RPI-Birokrat Menulis Akan Menyelenggarakan Seminar: “Literasi di Dunia Birokrasi”

0
217
Sumber: SABISABU

NEWSCOM.ID, JAKARTA РSatu Birokrat Satu Buku (SABISABU) akan menyelenggarakan Seminar Literasi (Narasi) Batch 1 dengan tema: Suka Duka Literasi Di Dunia Birokrasi pada Sabtu (23/1) siang, Pukul 14.00 Р16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Rabu (7/1) malam, Koordinator Bidang (Korbid) Seminar dan Pelatihan SABISABU, Maghdalena, yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Rumah Produktif Indonesia (RPI) Sumatera Barat (Sumbar), mengkonfirmasi hal ini.

Acara ini diselenggarakan atas kerja sama SABISABU dengan DPW RPI Provinsi Sumbar dan Birokrat Menulis: Kritis, Cerdas dan Emansipatif.

Seminar daring ini menggunakan aplikasi Zoom dan akan dibuka secara resmi oleh Penggagas dan Pendiri (SABISABU), Adrinal Tanjung, S.E. Ak., M.Si.

Penulis buku Bukan Birokrat Biasa ini juga mengemban amanat selaku Koordinator Bidang Penyiapan Kebijakan Tata Laksana, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia (RI).

Dua narasumber lainnya dalam Seminar Daring ini ialah Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Kabupaten Tanah Datar, Dr. Alfian Jamrah, M.Si., dan Editor in Chief Birokrat Menulis, Rudy M. Harahap, Ph.D.

Saat ini, Rudy M. Harahap juga mengemban amanat selaku Kepala Pusat Informasi Pengawasan (Pusinfowas) Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI.

Kedua narasumber akan membahas sub tema berbeda. Dr. Alfian Jamrah akan membahas sub tema: “Menulis Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN): Peluang dan Tantangan”. Sedangkan Rudy M. Harahap, Ph.D., akan membahas sub tema: “Pentingnya Kritis, Cerdas dan Emansipatif dalam Menulis”.

Adapun moderator merangkap pembawa acara (host) dalam seminar daring ini ialah Direktur Divisi Pariwisata DPW RPI Sumbar, Riwayatul Ismi, M.Par.

“Dunia birokrasi adalah dunia yang penuh dengan suka dan duka, selayaknya kehidupan dalam bidang pekerjaan yang lain. Namun belum banyak pihak yang tahu, seperti apa suka dan duka literasi di dunia birokrasi,” tutur Maghdalena.

Seminar daring ini, lanjutnya, akan mengupas tentang perjuangan para pecinta literasi di kalangan birokrat untuk terus menghidupkan budaya menulis.

“Tujuannya agar menulis menjadi sebuah kebiasaan dan kebutuhan hidup bagi kita di tengah segala tantangan,” ujar Maghdalena.

Selain itu, setiap peserta yang mengisi formulir dan mengikuti seluruh rangkaian acara dalam Seminar Daring ini juga akan mendadapatkan serifikat elektronik (e-certificate).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY