Presiden Joko Widodo Meresmikan Renovasi Besar Pertama Masjid Istiqlal

0
193
Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden Republik Indonesia (RI).

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, telah meresmikan Selesainya Renovasi Besar Pertama Masjid Istiqlal, pada Kamis (7/1) sore, sejak 42 tahun masjid ini berdiri kokoh. Proses renovasi besar ini dimulai sejak Mei 2019 hingga berakhir pada Kamis (7/1).

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Jumat (8/1), Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI mengonfirmasi hal ini. Peresmian renovasi ditandai dengan pemukulan beduk dan penandatanganan prasasti peresmian oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, pada Kamis (7/1) sore, secara langsung di Halaman Masjid Istiqlal.

Kemudian Kepala Negara RI juga ikut melaksanakan ibadah salat Maghrib berjama’ah di Masjid Istiqlal. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) secara ketat.

“Hari ini Masjid Istiqlal, masjid kebanggaan kita semua, telah selesai direnovasi, Alhamdulillah. Kini Masjid Istiqlal tampak berubah total dan seperti baru,” tutur Presiden Ir. H. Joko Widodo dalam sambutannya.

Saat ini, lanjutnya, terdapat penataan lanskap Masjid Istiqlal yang semakin rapi, tata cahaya yang indah, dan sejumlah peningkatan fasilitas masjid lainnya.

“Tujuannya untuk memberikan rasa nyaman kepada umat dalam beribadah dan berkunjung ke masjid terbesar di Asia Tenggara ini,” ujar Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo pun menegaskan bahwa Masjid Istiqlal adalah kebanggaan seluruh bangsa Indoneisia, bukan hanya umat Islam di Indonesia saja.

“Renovasi Masjid Istiqlal menjadi semakin megah bukan untuk gagah-gagahan. Masjid Istiqlal bukan hanya menjadi kebanggaan umat Islam, tapi juga menjadi kebanggaan seluruh rakyat Indonesia, kebanggaan bangsa kita, Indonesia,” jelas Presiden Joko Widodo.

Dalam prosesi peresmian renovasi besar Masjid Istiqlal ini, turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo ialah Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy, M.A.P., dan Menteri Agama (Menag) RI, H. Yaqut Cholil Qoumas.

Hadir pula Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (PR) RI, Ir. H. Basuki Hadimuljono M.Sc., Ph.D., dan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D., serta Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. KH. Nasaruddin Umar, M.A., dalam pertemuan ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY