INTANI-BI Banten Bahas Pemberdayaan UMKM, Ketahanan Pangan, Pandemi COVID-19

0
115
Sumber: https://www.facebook.com/gunturri/

NEWSCOM.ID, KOTA SERANG – Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., telah bertemu, bersilaturahmi dan berdiskusi dengan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten, R. Erwin Soeriadimadja, M.S., pada Rabu (20/1) siang.

Seperti dikutip dari laman https://www.facebook.com/gunturri, sejumlah permasalahan nasional dan global seperti pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), ketahanan pangan, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) serta penguatan ekonomi lokal dan regional turut dibahas dalam pertemuan ini.

“Dalam pertemuan ini, kami saling berbagi informasi dan ngobrol ringan seputar penguatan ekonomi lokal dan regional, pemberdayaan UMKM, ketahanan pangan nasional, serta pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia,” tutur Guntur Subagja pada Rabu (20/1).

Pertemuan ini berlangsung di Gedung Kantor Perwakilan BI Provinsi Banten, Jalan Raya Pandeglang Kilometer 7, Palima, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten.

Menurutnya, dalam diskusi tersebut, pengembangan ekonomi rakyat berbasis komunitas dan pesantren pun menjadi perhatian BI, sebagaimana arahan dan program Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS). Terlebih di masa pandemi COVID-19.

“Hal ini sesuai dengan arahan Komite dan program KNEKS, yang dipimpin oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, selaku Ketua KNEKS dan Wapres RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, selaku Wakil Ketua sekaligus Ketua Harian KNEKS,” jelas Guntur Subagja.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu juga menggarisbawahi pentingnya sinergi dan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga untuk mewujudkan akselerasi pengembangan ekonomi kerakyatan. “Hal ini penting untuk memberikan dampak sosial dan ekonomi yang tinggi,” ujarnya.

“Sinergi dan kolaborasi lintas kementerian dan lembaga, termasuk BI, menjadi solusi jitu untuk mewujudkan akselerasi pengembangan ekonomi kerakyatan yang memberikan dampak ekonomi dan sosial tinggi bagi masyarakat,” ucap Guntur Subagja.

Usai pertemuan, Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, R. Erwin Soeriadimadja, pun mengajak Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) itu untuk berkeliling kantor dan meninjau stan Galeri UMKM BI Banten.

Kemudian Guntur Subagja Mahardika pun menerima cinderamata dan hasil kerajinan dari Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, lalu berfoto bersama. Turut hadir dalam sesi akhir ini Pengasuh dan Pemimpin Ponpes Al-Kirom, Kiai Salman Al-Jabali.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY