Pertumbuhan Ekonomi 16 Persen, Sektor Pertanian dan Kelompok Milenial

0
78
Sumber: Kabar Banten TV

NEWSCOM.ID, KOTA SERANG – Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) telah membuka mata dan menyadarkan kita semua tentang betapa pentingnya hidup berdikari, berdiri di atas kaki sendiri, dalam sektor pangan, pertanian, perikanan dan peternakan.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., menyatakan hal itu pada Rabu (20/1) siang.

Tepatnya saat menjadi narasumber dalam Podcast Kabar Banten TV, seperti dilansir dari siaran langsung (live streaming) di laman https://youtu.be/7MEjSZeaRz8.

“Sektor pertanian, perikanan, peternakan, serta produksi, konsumsi dan distribusi pangan sangat menarik untuk menjadi pilihan profesi anak muda, khususnya kaum milenial. Sektor -sektor ini dapat menjadikan anak muda hidup berdikari di tengah pandemi COVID-19,” ujar Guntur Subagja Mahardika.

Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan itu pun menjelaskan bahwa pandemi COVID-19 telah menyebabkan resesi ekonomi di Indonesia.

“Bahkan banyak tenaga kerja yang menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di Indonesia sehingga mereka kehilangan lapangan kerja,” ungkapnya.

Namun di tengah pertumbuhan ekonomi yang negatif, ungkapnya, ada satu sektor yang tetap tumbuh, yakni sektor pertanian, peternakan, perikanan dan pangan.

“Pertanian adalah satu-satunya sektor ekonomi yang tumbuh tinggi hingga mencapai 16 persen pada tahun 2020. Sektor lainnya mengalami pertumbuhan negatif, kecuali sektor telekomunikasi yang tumbuh tipis. Penyebabnya, pertanian sangat terkait erat dengan konsumsi publik dan merupakan kebutuhan pokok,” jelas Guntur Subagja.

Ketua Center for Strategic Policy Studies (CSPS) – Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) itu pun mengimbau anak-anak muda, khususnya kaum milenial, untuk terjun langsung ke bidang pertanian sehingga dapat hidup berdikari. “Tentu pertanian dalam arti seluas-luasnya, termasuk peternakan dan perikanan,” imbuhnya.

Adapun moderator sekaligus pembawa acara (host) dalam Podcast ini ialah Yadi Jayasantika dari Kabar Banten TV. Acara ini berlangsung pada Rabu (20/1), pukul 11.00 – 12.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) dan mengangkat tema: Sektor Pertanian, Peluang Pekerjaan Bagi Kaum Milenial.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY