Antara Samudera Indonesia, Pantai Binuangeun, dan Pusat Pelelangan Ikan

0
156
Sumber: INTANI Banten / https://www.facebook.com/gunturri/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pantai Binuangeun yang berlokasi di Desa Muara, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menjadi lokasi yang dikunjungi oleh Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., pada Sabtu (13/2).

Dalam kunjungan ini, turut hadir Presiden Indonesia – Saudi Arabia Business Council (ISABC), Muhammad Hasan Gaido, yang juga owner (Pemilik) Gaido Group. Pantai Binuangeun ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Seperti dikutip dari laman https://www.facebook.com/gunturri, kunjungan Guntur Subagja yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) ini bertujuan untuk meninjau langsung pusat jual beli ikan sekaligus tempat pelelangan ikan terbesar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

“Alhamdulillah, pagi hari di Pantai Binuangeun, saya menikmat sarapan pagi bersama para nelayan di Desa Muara. Daerah ini sangat terkenal dengan pantainya yang eksotis dan menjadi pusat jual-beli ikan sekaligus tempat pelelangan ikan terbesar di Kabupaten Lebak,” tutur Guntur Subagja Mahardika.

Menurutnya, sebagian besar masyarakat di Pantai Binuangeun, Desa Muara, berprofesi sebagai nelayan dan sehari-hari menggeluti hidup di bidang perikanan dan kelautan di laut lepas Samudera Indonesia.

“Saya yakin Pantai Binuangeun memiliki potensi sangat besar di sektor perikanan. Namun potensi itu belum dimanfaatkan secara optimal. Kondisi ini menjadi tantangan dan peluang yang menarik bagi pemerintah dan khususnya INTANI dalam memanfaatkan potensi di Pantai Binuangeun secara optimal,” jelasnya.

Seperti dikutip dari laman https://youtu.be/5WMtfLSZ6NY pada akun Youtube PSB Cinema, Guntur Subagja juga mencoba langsung untuk berlayar dan rekreasi guna menikmati keindahan alam dan suasana eksotis Samudera Indonesia dengan Kapal Motor milik nelayan setempat.

Bahkan Guntur Subagja juga berdialog dengan para nelayan dan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) INTANI Banten, sembari menikmati kuliner khas Pantai Binuangeun, secara langsung dari Samudera Indonesia.

Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni (ILUNI) Program Pascasarjana Universitas Indoensia (ILUNI) itu pun berkunjung langsung ke Pasar Binuangeun yang menjadi pusat jual beli dan pelelangan ikan laut terbesar di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY