Dialog Ketahanan Pangan Banten: Penanaman Pisang, Talas Beneng, Porang

0
169
Sumber: Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound / Muhammad Hasan Gaido

NEWSCOM.ID, KABUPATEN SERANG – Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound menjadi lokasi dari penyelenggaraan Dialog Ketahanan Pangan Banten: Penanaman Pisang, Talas Beneng dan Porang pada Selasa (16/2).

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Selasa (16/2), Gaido Group mengonfirmasi acara ini. Kawasan Wisata itu berlokasi di Jalan Serang-Pandeglang Kilometer (KM) 14, Kampung Pasir Kidul, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Dialog ini diselenggarakan oleh sejumlah organisasi kemasyarakatan (ormas), phak swasta dan perguruan tinggi di Banten, yakni Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP), Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Perkumpulan Urang Banten (PUB), Gaido Group, dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Selaku tuan rumah sekaligus penyelenggara acara, turut hadir dan menjadi narasumber pendiri (founder) dan Chief Executive Officer (CEO) Gaido Group, Muhammad Hasan Gaido, dalam acara ini. Presiden Indonesia – Saudi Arabia Business Council (ISABC) itu pun juga menjadi moderator dalam dialog ini.

Narasumber lainnya dalam acara ini ialah Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) 2004 – 2009, Dr. Ir. H. Anton Apriyantono, M.S., Sekretaris Jenderal (Sekjen) FSPP, Dr. H. Fadlullah, S.Ag. M.Si., dan Ketua Unit Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan (UPBK) Univesitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Dr. H. Abdul Fatah, S.Pd., M.Pd.

Turut hadir dan menjadi narasumber dalam acara ini Ketua Asosiasi Pelaku Usaha Talas Beneng Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Ardi Maulana.

Selain Dialog Ketahanan Pangan Banten, para narasumber serta para undangan juga bersama-sama menanam bibit pohon pisang, jamur porang dan tanaman talas beneng di kawasan wisata ini. Bahkan menurut Dr. Anton Apriyantono, terdapat 15 jenis pohon pisang yang telah ditanam oleh PUB di Kawasan Wisata Halal ini.

15 jenis pohon pisang itu, antara lain: Pisang Panggalek, Pisang Ambon Pendek, Pisang Ambon Gede, Pisang Kepok, Pisang Mulih, Pisang Ketan, Pisang Nangka, Pisang Jela, Pisang Emas, Pisang Cavendis, Pisang Papan, Pisang Raja, Pisang Hurang, Pisang Ambon Lumut dan Pisang Apu/ Gejloh.

“Kegiatan kali ini merupakan sinergi dan kolaborasi yang baik dari berbagai pihak. Apalagi di Banten ada Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound. Tersedia pula lahan seluas 12 hektar yang bisa kita jadikan sebagai tempat percontohan untuk berbagai budidaya tanaman dan perikanan seperti Talas Beneng, Porang dan Pisang,” tutur Muhammad Hasan Gaido.

Menurutnya, Gaido Super Holding sangat mendukung kegiatan ini, sebagai bentuk komitment kami untuk berkolaborasi dengan pihak swasta, pemerintah, akademis dan komunitas. “Tujuan acara ini ialah untuk mewujudkan ketahanan pangan di Banten, sekaligus juga mempromosikan Wisata Halal yang ada di Banten,” ujarnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY