Video: “Inspirasi Bisnis INTANI Ke-15: Pengembangan Pertanian, Peternakan, Perikanan Banten”

0
139

NEWSCOM.ID, LEBAK – Video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/_Q4Hsx9M7QI merupakan siaran langsung (live streaming) dari Web Seminar (Webinar) Inspirasi Bisnis Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Ke-15 pada Rabu (3/3).

Web Seminar (Webinar) ini mengangkat tema: Pengembangan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Banten serta diselenggarakan pada Rabu (3/3) pada Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Seminar ini diselenggarakan oleh INTANI Fresh bekerja sama dengan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation dan NEWSCOM.ID, serta didukung oleh akun Youtube Indonesia Review dan TANI TV melalui siaran langsung dan siaran tunda.

Seminar daring ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si.

Saat ini, Guntur Subagja juga mengemban amanat selaku Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan. Ia mengikuti webinar ini di tengah perjalanan menuju Kota Cirebon, Provinsi Jawa Barat.

Sedangkan moderator dalam Webinar Inspirasi Bisnis INTANI ini ialah Ketua III DPP INTANI Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, yang juga Ketua YES Indonesia  Foundation. Ia memimpin webinar Inspirasi Bisnis INTANI ini dari Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Webinar Inpirasi Bisnis INTANI ke-15 ini istimewa karena narasumbernya memiliki latar belakang keilmuan yang sangat kompleks. Antara lain ilmu-ilmu agama Islam, lengkap dengan tradisi keilmuan kitab-kitab kuning khas pondok pesantren, serta ilmu-ilmu terapan dalam sektor ekonomi berbasis pertanian, peternakan dan perikanan.

Beliau ialah Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) INTANI Provinsi Banten, Drs. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd., yang juga Ketua Presidium Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten. Beliau juga mengemban amanat selaku pengasuh dan pemimpin Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Manahijussadat.

Ponpes Modern Manahijussadat berlokasi di Kampung Serdang, RT. 003, RW 004, Desa Pasar Keong, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Ponpes ini memiliki usaha peternakan sapi pedaging dan sapi perah, perikanan lele, serta 15 unit usaha lainnya yang mendukung kebutuhan hidup para santri.

Ponpes ini juga memiliki instrumen pengelolaan ekonomi dan keuangan syariah yang cukup lengkap, yakni Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) El-Manahij atau Koperasi Syariah El-Manahij, dan Koperasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Syariah El-Manahij atau Bank Wakaf Mikro (BWM) El-Manahij.

Webinar ini dihadiri oleh sekitar 70 peserta melalui aplikasi Zoom. Lalu setiap peserta yang hadir dan mengisi formulir elektronik (e-form) dari panitia Webinar juga akan mendapatkan sertifikat elektronik. Berikut ini ialah video webinar tersebut. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY