Guru Besar UI: Merawat Papua Sama Halnya Merawat NKRI

0
36
Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia (UI) Hamdi Muluk (foto: Istimewa).

NEWSCOM.ID – Guru Besar Psikologi Universitas Indonesia (UI), Hamdi Muluk mengajak semua pihak, bersama-sama merangkul masyarakat Papua dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Menurut Hamdi, tanah Papua merupakan mozaik Indonesia, sehingga perlu dirawat dan dirangkul bersama. Mereka memiliki hak yang sama dengan masyarakat di daerah lain untuk menikmati hidup yang layak.

Dia bahkan dengan tegas mengatakan, jika negara berhasil merangkul dan merawat masyarakat Papua, maka sama halnya negara berhasil menjaga kesatuan NKRI.

“Merawat NKRI itu tugas kita bersama. Jadi tantangannya, kalau kita bisa merawat Papua, itu artinya kita bisa merawat NKRI secara keseluruhan. Papua adalah mozaik indonesia yang sangat penting,” ujar Hamdi Muluk di Jakarta, Selasa (13/4/2021).

Ajakan itu, disambut baik oleh Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing. Kapolda mengatakan dengan tagas bahwa pemerintah komitmen ingin memajukan Papua.

Dia berjanji, akan membantu pemerintah pusat untuk meningkatkan keamanan dan pertumbuhan ekonomi di Papua. Salah satunya, pemerintah telah menaruh event internasional maupun nasional di Papua.

“Memerhatikan Papua sama dengan memerhatikan negara secara utuh. Tidak benar jika kita tidak memikirkan Papua, kita mengaku memikirkan Indonesia,” pungkas Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Tornagogo Sihombing. (ud/ed).

LEAVE A REPLY