Video Bedah Buku: “‘Darul Mitsaq’: Indonesia Negara Kesepakatan, Pandangan KH. Ma’ruf Amin”

0
641

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube EDURA TV di laman https://youtu.be/lF8ya3c-OuE merupakan siaran langsung (live streaming) dari Bedah Buku Darul Mitsaq: Indonesia Negara KesepakatanPandangan K.H. Ma’ruf Amin pada Senin (7/6) yang berlangsung secara hibrida, yakni luring dan daring.

Secara luring, acara ini berlangsung di Auditorium University Training Center (UTC), Lantai 8, Kampus A – Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Kota Administrasi Jakarta Timur. Secara daring, acara ini menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting. Kegiatan ini merupakan bagian dari Dies Natalis Ke-57 UNJ.

Video berdurasi 3 Jam 44 Menit 46 detik ini menampilkan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr, (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, sebagai narasumber utama (Keynote Speaker) dalam acara ini.

Beliau hadir secara daring, melalui video konferensi Zoom Cloud Meeting, dari Kediaman resmi Wapres RI di Jalan Diponegoro Nomor 2, kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus).

Turut hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara ini yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM, ASEAN Eng., serta Rektor UNJ, Prof. Dr. H. Komaruddin, M.Si.

Adapun Pengantar Diskusi dalam acara ini ialah Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) RI Bidang Umum, Prof. Dr. Drs. H. Masykuri Abdillah, M.A., yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Penyaji lainnya ialah Ketua Tim Penulis buku, yakni Dr. H. Rahmat Edi Irawan, S.Pd., M.IKom.

Sedangkan pembahas dalam Bedah Buku ini ialah Direktur Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Drs. H. Sahlan, M.Si., dan Pakar Pendidikan, Prof. H. Azyumardi Azra, M.A., M.Phil., Ph.D., C.B.E., yang juga Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Lalu dua pembahas lainnya ialah Dosen Filsafat Ketuhanan Sekolah Tinggi Filsafat (STF) Driyarkara, Romo Dr. Simon Petrus Lili Tjahjadi, Pr., dan Direktur Pascasarjana UNJ, Prof. Dr. Hj. Nadiroh, M.Pd.

Selain itu, turut hadir dan menyampaikan laporan panitia Dr. Sofia Hartati, M.Si., selaku Ketua Panitia Dies Natalis Ke-57 UNJ. Acara ini diakhiri dengan penampilan spesial dari Chicha Fiqri Rachman, seorang mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Secara khusus, acara ini dihadiri oleh para rektor atau pimpinan universitas yang tergabung dalam Forum Rektor Penguat Karakter Bangsa (FRPKB), baik secara daring maupun luring. Acara ini juga menjalankan protokol kesehatan secara ketat bagi para undangan yang hadir secara luring. Buktinya, hanya 75 orang di dalam ruangan.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube EDURA TV di laman https://youtu.be/lF8ya3c-OuE. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY