Webinar Internasional Forum Milenial ASEAN: “Integrasi Pemuda dan MEA”

0
75
Sumber: https://youtu.be/RGBL-mWuVuw / Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, JAKARTA РInternational Millenials Project (IMP) Regional Association of South East Nations (ASEAN) telah menyelenggarakan Seminar Web (Webinar) Internasional ASEAN Millenials Forum pada Sabtu (21/8), Pukul 13.00 Р16.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Seminar daring internasional ini mengangkat tema: “Integrasi Pemuda Milenial dalam Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan di Kawasan Asia Tenggara”.

Turut hadir dan memberikan kata sambutan Chief Executive IMP Regional ASEAN, Muhammad Abdurrahman Ghofiqi, dalam acara ini. Ia juga menjadi Ketua Pelaksana Webinar dan moderator dalam webinar ini. Saat ini, ia sedang menjadi mahasiswa Albukhary International University di Kedah, Malaysia.

Hadir pula secara daring Presiden IMP, Hafiz Nur Arifin. Ia juga memberikan kata sambutan dalam acara ini bersama-sama dengan Pembimbing (Advisor) IMP, Ustaz H. Tengku Mukhlis Amri, Lc. Adapun pembawa acara (Master of Ceremony) dalam webinar ini ialah Sulaiman, yang juga mahasiswa Indonesia di Erciyes University, Turkey.

Webinar ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Asisten Staf Khusus (Astafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI).

Dalam webinar ini, Guntur Subagja membahas tema: “Optimalisasi Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Ekonomi Kreatif Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”.

Seorang narasumber lainnya ialah Director of Student Affairs of Albukhary International University, Malaysia, Dato’ Siti Zubaidah Abdul Hamid. Ia membahas tema: “Optimalisasi Peran Pemuda Dalam Meningkatkan Taraf Pendidikan di Kawasan ASEAN”.

Webinar internasional ini disiarkan secara langsung (live streaming) oleh akun Youtube Ekonomi Syariah (Eksyar) Preneur Indonesia di laman https://youtu.be/RGBL-mWuVuw dengan durasi 3 jam 49 menit 52 detik. Acara ini juga mengunakan percakapan dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris.

Secara umum, webinar ini membahas sejumlah isu strategis di bidang ekonomi dan hubungan internasional, yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN, sektor UMKM, ekonomi kreatif, dan peran penting pemuda, khususnya generasi milenial, serta pentingnya lembaga pendidikan bagi masyarakat ASEAN.

Sektor UMKM dan ekonomi kreatif yang terkait dengan kebutuhan konsumsi, komunikasi dan kesehatan manusia semakin memegang peranan penting di kawasan ASEAN, khususnya di masa pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19).

Kondisi ini seiring dengan kebutuhan pokok manusia terhadap pangan, komunikasi dan alat kesehatan yang tidak bisa ditunda dalam kondisi apa pun, termasuk pandemi COVID-19.

Jadi sektor UMKM dan ekonomi kreatif yang terkait dengan usaha pertanian, perkebunan, perikanan, kesehatan, dan teknologi informasi telah mengalami kemajuan pesat saat pandemi COVID-19.

Peran pendidikan jarak jauh berbasis teknologi digital juga memegang peranan penting di masa pandemi COVID-19, termasuk di kawasan ASEAN. Terkait hal ini, pemuda menjadi kelompok umur yang paling sering menggunakan teknologi digital (internet) dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan kelompok umur lainnya.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY