Kolaborasi Republika-PRIMA DMI: “Mendorong Pengarusutamaan Umat Dalam Berbagai Bidang”

0
133
Sumber: PP PRIMA DMI / Ahmad Arafat Aminullah

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pemimpin Redaksi (Pemred) Harian Umum Republika, Irfan Junaidi, menyatakan rasa senangnya karena dapat berkolaborasi dengan Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI), khususnya dalam Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) 2021 pada Jumat (10/12) hingga Ahad (12/12).

Seperti dikutip dari laman https://www.republika.co.id/, Pemred Harian Umum Republika, Irfan Junaidi, menyatakan hal itu pada Rabu (1/12) sore, dalam pertemuan virtual dengan Pimpinan Pusat (PP) PRIMA DMI.

“Ini (kolaborasi) menjadi jembatan sekaligus ikatan bersama untuk terus mendorong pengarusutamaan umat Islam di segala lini kehidupan, baik itu di politik, ekonomi, hukum, pendidikan, dan sektor lainnya,” tutur Irfan Junaidi pada Rabu (1/12) sore.

PRIMA DMI, lanjutnya, memiliki fungsi yang sangat strategis karena di organisasi inilah berkumpul generasi penerus dari para pemimpin kita hari ini.

“Jadi harus bisa dipersiapkan sangat baik supaya nanti ketika harus menerima estafet itu, teman-teman di PRIMA DMI sudah siap dan matang,” ujarnya.

Muspimnas ini akan mengangkat tema: “From Youth to Mosque: Bridging The Youth Collaboration for The Future of Muslim Society” atau “Dari Pemuda ke Masjid: Menjembatani Kolaborasi Pemuda untuk Masa Depan Masyarakat Muslim”.

Kegiatan Muspimnas 2021 ini juga dirangkai dengan agenda Muslim Youth Connection 2021 atau Koneksi Pemuda Muslim yang terdiri dari sejumlah acara seperti silaturahmi nasional, sesi berbagi, talkshow (diskusi), dan peluncuran Latihan Kader Masjid (LKM), serta bedah buku.

Muslim Youth Connection 2021 merupakan agenda yang menghubungkan pemuda dengan remaja masjid, intelektual muda, aktivis, dan para pemimpin di Indonesia. PRIMA DMI berupaya mengelaborasi dan mempromosikan cara baru generasi Muslim dalam menghadapi berbagai perubahan di Indonesia.

Rencananya, acara ini akan menghadirkan lebih dari 30 narasumber, diantaranya ialah seorang tokoh nasional selaku narasumber utama atau keynote speaker, yakni Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Seorang tokoh nasional lainnya ialah Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, selaku narasumber utama dlan acara ini. Beliau ialah Wapres RI Ke-10 dan Ke-12, serta saat ini mengemban amanat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY