Wisata Halal Baduy Outbound, Nasi Gonjleng, dan Kopi Banten

0
311
Gaido Group

NEWSCOM.ID, KABUPATEN SERANG – Kawasan Wisata Halal Baduy Outbound menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., pada Sabtu (19/12) sore.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, destinasi wisata ini berlokasi di Jalan Serang-Pandeglang Kilometer (KM) 14, Kampung Pasir Kidul, Desa Sukamanah, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.

Dalam kunjungan ini, turut hadir Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren – Kementerian Agama (Kemenag) RI, Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag., dan Presiden Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC), H. Muhammad Hasan Gaido, yang juga pemilik Gaido Group.

Hadir pula Ketua III Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, yang juga Ketua YES Indonesia Foundation, dalam kunjungan ini.

Dalam kunjungan ini, Guntur Subagja yang juga Ketua Umum DPP INTANI itu secara simbolis menanam bibit pohon jenis Kopi Banten, kemudian diikuti oleh Dr. H. Waryono Abdul Ghafur dengan jenis bibit pohon yang sama.

Lalu para undangan diajak berkeliling di kawasan Wisata Halal Baduy Outbound. Tampak hamparan sawah dan kebun siap panen dengan aneka jenis tanaman, termasuk padi dan kopi. Ada pula patung badak bercula satu, hewan langka khas Banten yang menjadi warisan dunia, serta replika rumah adat suku Baduy yang sangat mirip dengan aslinya.

Kemudian para tamu undangan diajak untuk menikmati hidangan kuliner khas Banten seperti minuman Kopi Gunung Karang, buah durian, kacang goreng, jagung rebus dan pisang rebus sembari menunggu waktu azan Maghrib tiba. Dari kawasan wisata ini, tampak menjulang Gunung Karang dengan jelas.

Setelah sholat Maghrib berjama’ah di musholla dengan H. Waryono Abdul Ghafur selaku imam sholat, terjadi prosesi serah terima cinderamata berupa golok khas suku Baduy, Banten. Golok itu diberikan langsung oleh pemilik Gaido Group, H. Muhammad Hasan Gaido, kepada Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI.

Setelah itu, para tamu undangan pun diajak untuk menikmati hidangan makan malam dengan kuliner khas Serang, Banten, yakni Nasi Gonjleng lengkap dengan lauk pauk seperti ikan asin, sambal teri, lalapan, tahu dan tempe. Kemudian para undangan kembali pulang ke Kota Depok, Kota Administrasi Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY