INTANI, FSPP Banten, Peternakan Sapi dan Pembudidayaan Porang

0
117
Sumber: INTANI

NEWSCOM.ID, KABUPATEN SERANG – Balai Pengembangan Peternakan – Dinas Pertanian Provinsi Banten menjadi lokasi yang dikunjungi oleh Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., pada Jumat (18/12) sore.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, Balai Pengembangan Peternakan ini berlokasi di Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Curug, Kota Serang, Provinsi Banten. Di lokasi ini, terdapat budi daya tanaman porang, cabai, bawang putih dan bawang merah, aneka tanaman hortikultura, serta peternakan sapi jenis pedaging dan sapi perah (susu).

Dalam kunjungan ini, Guntur Subagja yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan (INTANI) ini didampingi oleh Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren – Kementerian Agama (Kemenag) RI, Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag.

Turut hadir Presiden Indonesia-Saudi Arabia Business Council (ISABC), H. Muhammad Hasan Gaido, yang juga pemilik Gaido Group, serta Ketua Presidium Forum Silaturahim Pondok Pesantren (FSPP) Banten, Drs. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd., yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) INTANI Provinsi Banten dalam kunjungan ini.

Selaku tuan rumah, hadir pula Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Ir. H. Agus M. Tauhid S, M.Si., dan Pelaksana Dinas Pertanian Provinsi Banten, Supadma, S.St., M.P.

Dalam kunjungan ini, para tamu undangan juga bersama-sama menikmati susu murni dan segar hasil sapi perah yang dipelihara dan dikembangbiakkan di Balai Pengembangan Peternakan – Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Secara khusus, terdapat kerja sama antara FSPP Banten dengan Dinas Pertanian Provinsi Banten dalam proses pelatihan dan edukasi budi daya tanaman porang. Kerja sama ini pun mendapat sambutan baik dari Guntur Subagja selaku Ketua Umum DPP INTANI.

“INTANI hadir untuk menjadi sahabat petani dan nelayan. INTANI siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua pemangku kepentingan (stakeholders) untuk bersama-sama membangun kemandirian pertanian dan kedaulatan pangan,” tutur Guntur Subagja dalam sambutannya pada Jumat (18/12) sore.

INTANI, lanjutnya, akan bekerja sama dengan FSPP Banten, Dinas Pertanian Provinsi Banten, dan Kementerian Agama RI dalam membangun kedaulatan pangan nasional.

“Apalagi di masa pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) ini, sektor pertanian, peternakan, dan perikanan menjadi sektor ekonomi yang tetap stabil dan tumbuh positif, bahkan mencapai 16 persen untuk rata-rata nasional,” ungkap Guntur Subagja.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY