Soka Cipta Niaga, Kaus Kaki Halal dan Pandemi COVID-19

0
316
Sumber: INTANI

NEWSCOM.ID, SUMEDANG – Pusat Logistik (Logistic Centre) PT. Soka Cipta Niaga menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., pada Jumat (8/1) siang.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, Pusat Logistik PT. Soka Cipta Niaga ini berlokasi di Desa Kutamandiri, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat (Jabar). Kunjungan ini berlangsung selama sekitar dua setengah jam, dari Pukul 13.30 – 16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Dalam kunjungan ini, Guntur Subagja yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu disambut langsung oleh Direktur International, Custom and Partnership PT. Soka Cipta Niaga, Helma Agustiawan, S.M.B.

Turut hadir dan berdiskusi hangat Direktur Utama PT. Soka Cipta Niaga, Aman Suparman, S.E., M.M., Ph.D., dalam pertemuan ini, sembari ditemani kuliner khas Jawa Barat, Tahu Sumedang lengkap dengan lontong dan sambalnya.

Pembicaraan pun mengalir seru seputar perkembangan terkini tekstil halal di Indonesia, khususnya Jawa Barat. Termasuk berbagai hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh perusahaan tekstil di Indonesia selama 11 bulan terakhir, sejak Maret 2020. Tepatnya saat menghadapi pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Selain itu, dibahas pula seputar agenda besar pemerintah bersama-sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan para pemangku kepentingan (stakeholders) terkait untuk mewujudkan Indonesia sebagai Pusat Modest Fashion Muslim Dunia.

Agenda besar lainnya ialah cita-cita untuk mewujudkan¬† Indonesia sebagai Produsen Produk Halal Dunia, sebagaimana dicanangkan oleh Wakil Presiden RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin. Hal ini turut dibahas dalam pertemuan tersebut.

Terkait hal ini, PT. Soka Cipta Niaga menjadi perusahaan kaos kaki halal pertama di dunia yang telah di audit dan mendapatkan sertifikasi halal dari MUI dengan Nomor Registrasi: 00170075071215 pada tahun 2015.

Pertemuan ini juga membahas tentang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) atau Sukuk yang dapat menjadi instrumen investasi bagi perusahaan. Kelebihan sukuk terletak pada jaminan terhadap suatu pinjaman (utang) dalam bentuk aset riil (nyata) sehingga pihak pemberi pinjaman merasa aman.

Dalam silaturahmi dan ramah tamah ini, turut hadir Ketua III DPP INTANI Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, yang juga Ketua YES Indonesia Foundation. 

Hadir pula Ketua Yayasan Pesantren Pemberdayaan Al-Muhtadin, Ustadz H. Anggriansyah Munggaran, dan Redaktur Website NEWSCOM.ID, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., dalam pertemuan ini.

Pada akhir pertemuan, setiap hadirin mendapatkan cinderamata unik dari PT. Soka Cipta Niaga berupa aneka produk kaus kaki dan pulpen.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY