Pertanian Rakyat-UMKM-Peternakan Domba-Petani Milenial Menjadi Pendorong Pemulihan Ekonomi Jabar

0
158
Sumber: Guntur Subagja

NEWSCOM.ID, KOTA BANDUNG – Pertanian rakyat, petani muda dan milenial, serta peternakan domba menjadi prioritas kebangkitan ekonomi Jawa Barat (Jabar). Sektor-sektor ekonomi ini diharapkan dapat menjadi pengungkit dan pendorong pemulihan ekonomi di Jawa Barat, bahkan tingkat nasional.

Seperti dikutip dari akun facebook https://www.facebook.com/gunturri, Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., menyatakan hal itu pada Selasa (12/1), saat menjadi narasumber dalam Diskusi Daring.

Diskusi Daring ini diselenggarakan oleh Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi EKonomi Daerah (TPED) Provinsi Jabar dan mengangkat tema: Akselerasi Ekonomi Kerakyatan dan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi Coona Virus Desease 2019 (COVID-19).

“Saya berharap agar pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas dan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjadi prioritas dalam pemulihan ekonomi Jabar. Sektor-sektor ini sangat penting untuk menjadi pengungkit kebangkitan ekonomi Jabar,” jelas Guntur Subagja.

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) itu pun yakin bahwa adanya sinergi dan kolaborasi antara pertanian rakyat, petani muda dan milenial dengan sektor UMKM, serta pemberdayaan ekonomi berbasis komunitas dapat menjadi modal utama menuju Indonesia maju.

“Sinergi, kolaborasi dan gotong royong antara para petani muda dan milenial dengan konsep pertanian rakyat dan sektor UMKM menjadi modal utama menuju Indonesia maju. Karena itu, pemberdayaam ekonomi berbasis komunitas harus terus dilaksanakan,” jelas Guntur Subagja.

Jika hal ini terlaksana, ungkapnya, tidak mustahil kebakitan ekonomi Indonesia pasca pandemi COVID-19, di era Adaptasi Kebiasaan Baru, dapat segera terwujud.

Dalam Diskusi Daring ini, turut hadir dan menjadi narasumber utama dalam acara ini Ketua Harian Satuan Tugas (Satgas) Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Daerah (PTED) Provinsi Jabar, Antonius Harso Waluyo Witono, yang akrab disapa Ipong Witono.

Hadir pula Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jabar, Ir. H. Jafar Ismail, M.M., serta Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jabar, H. Dede Sunendar, A.Pi., M.P., dalam Diskusi Daring ini.

Hadir juga Wakil Koordinator Sub Divisi UMKM, Divisi UMKM dan Ekonomi Kreatif – Satgas PTED Provinsi Jabar, Helma Agustiawan, S.MB., serta Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI), Ir. H. Yudi Guntara Noor, selaku narasumber dalam diskusi daring ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY