Webinar Psikologi Komunikasi STIKOM-Bandung: “Realitas Virtual dan Adiksi Internet”

0
165
Sumber: https://youtu.be/YyOHJcnVX24 / STIKOM Bandung

NEWSCOM.ID, KOTA BANDUNG – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Bandung dan MCENTRAL telah menyelengarakan Web Seminar (Webinar) Psikologi Komunikasi pada Sabtu (23/1) siang dengan tema: Realitas Virtual dan Adiksi Internet.

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Sabtu (23/1) siang, STIKOM Bandung mengonfirmasi hal ini. Webinar ini ditayangkan secara langsung pada akun Youtube Jalan Rahmat TV (JR TV): Untuk Pencerahan Pemikiran, di laman https://youtu.be/YyOHJcnVX24. JRTV menjadi pendukung acara ini.

Seminar Daring ini menghadirkan sejumlah narasumber, antara lain Pakar Komunikasi Universitas Padjajaran (UNPAD), H. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc., Ph.D., yang juga Penulis Buku Psikologi Komunikasi, serta Kepala Departemen Psikologi Sosial – UNPAD, Dr. Retno Hanggarini Ninin, S.Psi., M.Psi.

Acara ini juga menghadirkan dua orang penanggap, yakni Pakar Teknologi Informasi (TI) Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Ir. Dimitri Mahayana, M.Eng., dan Pengamat Media Sosial, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si.

Seminar Daring ini dipandu oleh Ketua STIKOM – Bandung, Dr. Ir. Dedy Djamaluddin Malik, M.S., selaku moderator acara.

Webinar berdurasi 2 jam 33 menit 35 detik ini juga didukung oleh Simbiosa Rekatama Media dan dapat diikuti oleh masyarakat melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Hingga berita ditayangkan, webinar ini telah disaksikan oleh 1.211 warganet dan disukai oleh 127 netizen melalui akun Youtube JR TV.

“Saat ini, perkembangan teknologi informasi dan digital telah mengubah tata kehidupan manusia. Era digital juga melahirkan gaya hidup baru dalam segala hal. Komunikasi pun menjadi bagian utama dalam revolusi digital,” tutur Guntur Subagja dalam paparannya pada Sabtu (23/1) siang.

Menurutnya, terdapat perubahan drastis dalam aspek cara berkomunikasi dan media komunikasi manusia di era digital. Dahulu, cara komunikasi dan media komunikasi direpresentasikan dengan verbal dan gestur tubuh.

“Namun saat ini, cara komunikasi dan media komunikasi kita telah memasuki era virtual dan artificial intelligence (kecerdasan buatan) seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi,” jelas Guntur Subagja.

Menurut Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan itu, berbagai permasalahan seputar realitas virtual dan adiksi internet ini telah dibahas secara mendalam pada webinar ini.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani.

LEAVE A REPLY