Video: “Wapres Ma’ruf, Munas V MES, dan Ketum Erick Thohir”

0
241

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Quranicpreneur Channel di laman https://youtu.be/y6q_bKmNZrQ ini merupakan siaran langsung (live streaming) dari Musyawarah Nasional (Munas) V Masyarakat Ekonomi Syariah yang berlangsung secara daring dan luring (hibrida) pada Sabtu (23/1).

Video berdurasi 3 jam 49 menit 5 detik ini telah disaksikan oleh 54 warganet dan disukai oleh tiga netizen hingga berita ditayangkan. Acara ini diikuti oleh Pengurus Pusat (PP) Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) secara terbatas dan luring di Wisma Mandiri I, Jakarta, sedangkan PP MES lainnya mengikuti acara melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Quranicpreneur Channel ini merupakan media yang dimiliki oleh Pesantren Raudhatul Irfan yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 257, Kode Pos: 46213, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID melalui video ini, Munas V MES dibuka langsung oleh Ketua Umum PP MES Periode 2018-2021, Prof. H. Wimboh Santoso, S.E., M.Sc., Ph.D., yang juga Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Munas V MES ini mengangkat tema: Mewujudkan Ekonomi dan Keuangan Syariah yang Berkontribusi Signifikan dalam Ekosistem Perekonomian Nasional.

Acara ini menghadirkan Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, sebagai narasumber utama (keynote speaker) yang juga Ketua Dewan Pembina PP MES Periode 2018-2021.

Adapun pembacaan do’a dipimpin oleh Anggota Dewan Pakar PP MES, Dr. KH. Mohammad Hidayat, M.B.A., M.H. Acara ini juga menampilkan video berisi kata sambutan terhadap penyelenggaraan Munas V MES, yakni dari Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Dr. Purbaya Yudhi Sadewa, Ph.D.

Video lainnya juga diberikan oleh Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas, dalam acara MES ini. Adapun Pimpinan Sidang dalam Munas V MES ini berjumlah sembilan orang, antara lain Wakil Ketua Dewan Pakar PP MES 2018-2021, Dr. H. Sugiharto, S.E., M.B.A.

Tiga pimpinan sidang lainnya antara lain: Wakil Ketua Umum II Badan Pengurus Harian (BPH) PP MES 2018-2021, Dr. H. Firdaus Djaelani, S.E., M.A., Sekretaris BPH PP MES 2018-2021, H. Edy Setiadi, S.E., M.A., dan Ketua III BPH PP MES 2018-2021, Ir. H. Muhammad Syakir Sula, A.A.A.I.J., F.I.I.S.

Tiga pimpinan sidang lainnya yakni: Wakil Ketua Komite Bidang Perhotelan, Travel dan Destinasi Wisata Halal PP MES 2018-2021, Dr. Hj. Siti Ma’rifah, S.H., M.M., M.H., M.A., Ketua Komite Bidang Ekonomi Kreatif PP MES 2018-2021, H. Iggi H Achsien, S.E., M.B.A., dan Dr. Friderica Widyasari Dewi, S.E., M.B.A.

Dua pimpinan sidang lainnya yaitu Ketua Umum Pengurus Wilayah (PW) MES Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, H. Tito Maulana, dan Ketua Umum Pengurus Wilayah Khusus (PWK) Jepang, H. Joko Widodo.

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Sabtu (23/1), Munas V MES Tahun 2021 ini mengonfirmasi bahwa berdasarkan hasil sidang Tim Formatur, maka Munas V MES menetapkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), H. Erick Thohir, B.A., M.B.A., menjadi Ketua Umum PP MES Periode 1442 – 1445 Hijriah.

“Semoga dapat mengemban amanah dengan sukses dan menjadikan MES semakin terdepan dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia,” tulis rilis Munas V MES itu.

Turut hadir dan memberikan kata sambutan Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, S.E., M.Sc., Ph.D., yang juga Ketua Dewan Pakar PP MES 2018-2021.

Munas V MES ini juga dirangkai dengan acara Forum Ekonomi Islam Indonesia Ketujuh atau The 7-th Indonesia Islamic Economic Forum (IIEF) pada Jumat (22/1) di Wisma Mandiri I, Jakarta.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY