Video: “Webinar INTANI ‘Fresh’: Manisnya Bisnis ‘Golden’ Melon Urban ‘Farming'”

0
178

NEWSCOM.ID, MATARAM – Video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/jsICNulU8Fo ini merupakan siaran langsung (live streaming) dari Web Seminar (Webinar) Inspirasi Bisnis INTANI Ke-11 yang diselenggarakan pada Rabu (3/2), pukul 09.00 – 10.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Video berdurasi 1 jam 32 menit 8 detik ini telah disaksikan oleh 54 warganet dan disukai delapan netizen hingga berita ditayangkan. Seminar daring ini mengangkat tema: Manisnya Bisnis Golden Melon (Melon Emas) Urban Farming (Pertanian ala Perkotaan) dan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Berdasarkan pantauan NEWSCOM.ID, acara ini diselenggarakan oleh Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Fresh bekerja sama dengan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation dan NEWSCOM.ID, serta didukung oleh Indonesia Review dan TANI TV.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., secara daring dari Pusat Pembibitan Domba Garut milik PT. Agro Investama Malangbong.

Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidnag EKonomi dan Keuangan ini membuka webinar dari Kampung Ciwalur, Desa Mekarasih, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Webinar ini menghadirkan seorang narasumber, yakni Saeful Rahman. Ia adalah seorang pengusaha pertanian Melon Emas (Golden Melon) dengan media tanam akuaponik asal Kota Mataram, Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Akuaponik termasuk salah satu tipe pertanian khas masyarakat perkotaan (urban farming) yang lahannya sempit.

Acara ini dipandu oleh Ketua III DPP INTANI Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, sebagai moderator. Ia juga mengemban amanat selaku Ketua YES Indonesia Foundation.

Saat acara berlangsung, Sigit Iko Sugondo juga sedang dalam perjalanan menuju PT. Agro Investasma Malangbong di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

Selain itu, kegiatan ini disiarkan secara tidak langsung oleh akun Youtube TANI TV pada Kamis (4/2) di laman https://youtu.be/TZUJ7ja8pvo. Setiap peserta yang mengisi formulir elektronik (e-form) dari panitia juga akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-certificate).

Sekitar 80 peserta yang mengikuti acara ini melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting pun berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Papua serta Sulawesi.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY