Webinar INTANI: “Mantan Buruh Pabrik Sukses Bertani, Belajar dari Youtube”

0
136
Sumber: Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, DEPOK – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) telah menyelenggarakan Web Seminar (Webinar) Inspirasi Bisnis INTANI Ke-12 pada Rabu (10/2), Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting.

Acara ini diselenggarakan oleh INTANI Fresh bekerja sama dengan NEWSCOM.ID dan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation serta didukung oleh Tani TV dan Indonesia Review.

Webinar ini mengangkat tema: “Mantan Buruh Pabrik Sukses Bertani, Belajar dari Youtube.Seminar daring ini disiarkan secara langsung (live streaming) oleh akun Youtube Indonesia Review¬†di laman https://youtu.be/CsxUMm9fAi8, serta disiarkan secara tunda oleh akun Youtube Tani TV di laman https://youtu.be/Qm9SSrc6dsY.

Webinar Inspirasi Bisnis Intani Ke-12 ini menghadirkan seorang narasumber, yakni seorang Petani Milenial asal Kabupaten Bogor, Muhammad Rizky Maulana, yang sebelumnya bekerja sebagai seorang buruh (karyawan) pabrik. Petani milenial ini juga mengemban amanat selaku Ketua Petani Generasi Muda Bogor Timur.

Hal unik lainnya ialah jenis tanaman yang ditanam oleh kelompok petani milenial asal Bogor Timur ini, yakni tanaman Talas Beneng, Kencur, Porang, dan Jahe Merah yang menjadi primadona tanaman ekspor, khususnya Talas Beneng.

Acara ini dibuka secara resmi oleh kata sambutan Ketua Umum DPP INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Kegiatan ini dipandu oleh Ketua III DPP INTANI Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, sebagai moderator. Ia juga mengemban amanat selaku Ketua YES Indonesia Foundation.

Webinar ini diikuti oleh sekitar 70 peserta melalui aplikasi Zoom dan 83 peserta melalui akun Youtube Indonesia Review. Para peserta yang mengikuti acara ini, lalu mendaftar secara resmi melalui link yang diberikan panitia, juga akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-certificate) yang dikirim melalui surat elektronik (e-mail).

Hal unik lainnya ialah narasumber dalam acara ini, Muhammad Rizky Maulana, hadir langsung di Sekretariat DPP INTANI, Grand Depok City, Kota Depok, Provinsi Jawa Barat (Jabar), bersama-sama moderator acara.

Pemuda berusia 20 tahun ini juga mengelola lahan tidur di Bogor Timur, seluas 26 hektar bersama teman-temannya, dan melakukan kerja sama produktif dengan para investor atau penanam modal di bidang pertanian. Ia mampu memaksimalkan potensi dan daya guna media sosial daring berbasis audio visual seperti Youtube.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY