Video: “Kopi Gunung Puntang, INTANI, dan Koperasi Petani Milenial”

0
150

NEWSCOM.ID, KABUPATEN BANDUNG – Video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/rYYwuGPM6P0 merupakan siaran langsung (live streaming) dari Web Seminar (Webinar) Insan Tani dan Nelayan (INTANI) Fresh Ke-13 pada Rabu (17/2), Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indoensia Barat (WIB).

Video berdurasi 2 jam 5 menit ini telah disaksikan oleh 50 warganet dan disukai oleh enam netizen hingga berita ditayangkan. Acara ini diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI bekerja sama dengan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation dan NEWSCOM.ID, serta didukung oleh Indonesia Review dan Tani TV.

Webinar ini mengangkat tema: Sukses Milenial Bangun Koperasi Petani Kopi Puntang dan dibuka secara resmi oleh Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI.

Adapun pemandu webinar ini ialah Ketua III DPP INTANI Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, sebagai moderator. Ia juga sedang mengemban amanat selaku Ketua YES Indonesia Foundation.

Webinar ini dihadiri oleh sekitar 60 peserta melalui aplikasi Zoom serta 47 peserta lainnya melalui akun Youtube Indonesia Review. Setap peserta yang mendaftar secara resmi pada formulir elektronik (e-form) yang disediakan panitia juga akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-certificate).

Acara ini menghadirkan seorang narasumber, yakni pendiri (founder) dan pemilik (owner) Kopi Gunung Puntang (Mount Puntang Coffee), Irwansyah S. Komaludin.

Ia adalah seorang petani kopi milenial yang sukses asal Kampung Palalangon, Desa Campakasari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar), dengan belasan hektar lahan.

Irwansyah juga berhasil mengajak rekan-rekan sesama petani kopi di desanya untuk mendirikan Koperasi Produsen Murbeng Puntang. Hingga kini, Koperasi itu terus berkembang sukses dengan jumlah ratusan anggota.

Selain itu, seperti dikutip dari laman https://republika.co.id/, Kopi Gunung Puntang yang dikembangkan oleh Irwansyah juga berhasil meraih juara pertama untuk kategori kopi jenis Arabica natural dalam kontes Kejuaraan Indonesia Cupping Contest XI Tahun 2019 atau Kompetisi Kopi Specialty Indonesia (KKSI) ke-11.

Kontes ini diselenggarakan di Soreang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat (Jabar), pada Sabtu (10/10/19).

Berikut ini ialah video dari webinar INTANI Fresh Ke-13. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY