Video: “INTANI-BI-BRISMA-Korporasi Petani Ciracap Menggunakan Mesin ‘RMU – Dryer’ Dalam Negeri”

0
349

NEWSCOM.ID, KABUPATEN SUKABUMI – Korporasi Petani Budi Daya Padi yang berlokasi di Desa Cikangkung dan Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, telah memulai pembangunan instalasi Rice Milling Unit atau mesin penggilingan padi, dan Dryer atau mesin pengering gabah pada pada Ahad (7/3) pagi.

Seperti dikutip dari laman https://youtu.be/wkKJq09fiII pada akun Youtube TANI TV, yang bersumber dari siaran berita Klik Indonesia Siang di Televisi Republik Indonesia (TVRI), instalasi mesin RMU dan Dryer itu sepenuhnya berasal dari 100 persen produk lokal, hasil karya dalam negeri asal Jawa Timur.

Instalasi mesin RMU dan Dryer mini (skala mikro) untuk pengolahan padi dan gabah ini diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI), Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., pada Ahad (7/3) pagi. Ia juga memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Dalam sambutannya, Guntur Subagja yang juga Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan itu pun menegaskan dukungan penuh INTANI terhadap penggunaan produk-produk lokal atau dalam negeri, khususnya dalam bidang teknologi.

“Hal yang menarik di sini ialah RMU yang kita pakai ialah buatan 100 persen (produk) lokal, nasional. Jadi ini ialah karya anak bangsa. Kita ingin agar bagaimana karya-karya anak bangsa bisa melahirkan teknologi tepat guna sehingga dapat digunakan di industri pertanian,” tutur Guntur Subagja pada Ahad (7/3) pagi.

Selain itu, instalasi RMU mini untuk padi dan Dryer mini untuk gabah ini merupakaan hasil kolaborasi dan kemitraan strategis antara Pondok Pesantren (Ponpes) Pemberdayaan al-Muhtadin, INTANI, Bank Indonesia, Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation, dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) BRISMA.

Adapun teknisi RMU mini dan Dryer mini untuk menggiling padi dan mengeringkan gabah ini adalah Ir. Imam Rosyadi dari PT. Cakra Agromas Sentosa. Ir. Imam Rosyadi turut hadir dan memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Turut memberikan kata sambutan Ketua III DPP INTANI Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Program, Ir. H. Sigit Iko Sugondo, yang juga Ketua YES Indonesia Foundation, serta pengasuh dan pimpinan Ponpes Pemberdayaan al-Muhtadin, KH. Syamsuri, dan pendiri Gapoktan BRISMA, Ustaz Ryan Angriansyah.

Berikut ini ialah video dari laman https://youtu.be/wkKJq09fiII pada akun Youtube TANI TV, yang bersumber dari siaran berita Klik Indonesia Siang di TVRI. Video ini berdurasi dua menit 18 detik, serta dibacakan oleh dua presenter TVRI, yakni Natasya Paruntu dan Silka Swarizona. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY