Wapres Ma’ruf Meresmikan “Pasar Rakyat Kota Pariaman” Pasca Revitalisasi

0
68
Sumber: https://www.wapresri.go.id/ / Biro Pers, Media dan Informasi BPMI) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) Republik Indonesia (RI).

NEWSCOM.ID, PARIAMAN – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman pada Selasa (6/4), pasca revitalisasi fisik. Pasar ini berlokasi di Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat.

Seperti dilansir dari laman https://www.wapresri.go.id/, dalam sambutannya, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa proses revitalisasi fisik terhadap Pasar Rakyat Kota Pariaman harus dilanjutkan dengan revitalisasi manajemen, ekonomi dan sosial.

“Pemerintah Daerah (Pemda) bersama pihak pengelola juga harus melakukan revitalisasi manajemennya dalam tata niaga dan pelayanan pasar ini. Inti semua aktivitas ini bermuara pada revitalisasi ekonomi untuk meningkatkan pendapatan para pedagang,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Selasa (6/4).

Menurutnya, program revitalisasi Pasar Rakyat Kota Pariaman ini merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan akses dan meningkatkan pendapatan para pedagang yang juga pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pemerintah Pusat terus berupaya membangun dan merevitalisasi pasar. Sedangkan pemerintah daerah dan pengelola pasar harus melakukan revitalisasi terhadap manajemen, sosial, dan ekonomi dalam interaksi perdagangan,” imbuhnya.

Selain itu, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun menggarisbawahi pentingnya revitalisasi budaya untuk Pasar Rakyat Kota Pariaman. Revitalisasi budaya diperlukan untuk menciptakan kualitas lingkungan pasar yang berdampak positif. “Hal ini penting untuk dapat meningkatkan dinamika dan kehidupan sosial masyarakat,” ujarnya.

“Pasar Rakyat Kota Pariaman berada di lokasi strategis, yaitu kawasan Pantai Gandoriah yang merupakan destinasi wisata favorit. Saya menilai Pasar Rakyat Pariaman berpotensi menjadi salah satu destinasi wisata belanja, khususnya untuk produk khas daerah dan wisata kuliner,” ungkap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Lebih jauh, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu pun menjelaskan bahwa revitalisasi pasar ini dapat mendukung upaya pemerintah dalam menangani pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). “Dukungan ini tidak hanya dari sektor kesehatan, tapi juga sektor ekonomi,” paparnya.

“Mengingat pasar merupakan tempat dengan interaksi dan mobilitas tinggi, saya mendorong agar pemerintah daerah aktif juga (dalam) menyosialisasikan dan melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada para pedagang pasar, sebagai target penerima vaksinasi Covid-19,” ucap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY