Cegah Abrasi, Wapres Ma’ruf Tanam Ketapang di Pantai Kata

0
90
Sumber: https://www.hantaran.co/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah menanam pohon Ketapang secara simbolis di Pantai Kata Pariaman, Kota Pariaman, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada Selasa (6/4).

Seperti dilansir dari laman https://www.wapresri.go.id/, penanaman pohon Ketapang ini bertujuan untuk mencegah terjadinya Abrasi di lingkungan pantai pesisir Sumbar, khususnya di Pantai Kata Pariaman.

“Pertama, harus dijaga ini (pohon Ketapang) supaya dia bisa tumbuh menahan abrasi. Dibutuhkan dukungan dan kerja sama antara pemerintah dan masyarakat dalam menjaga lingkungan,” ujar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin dalam sambutannya.

Menurutnya, kondisi alam Indonesia yang tidak menentu saat ini dipengaruhi oleh beragam faktor seperti cuaca dan iklim yang mengalami perubahan. “Kita perlu mencegah terjadinya abrasi, khususnya di ligngkungan pantai pesisir,” imbuh Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

“Penanaman pohon ketapang ini merupakan wujud nyata upaya mitigasi bencana dan menghindarkan pantai dari kerusakan lingkungan. Karena itu, kita jaga untuk melakukan mitigasi bencana itu dengan reboisasi di bukit-bukit. Kemudian juga penanaman di pantai-pantai,” papar Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Pemerintah, lanjutnya, sangat perhatian (concern) untuk menjaga lingkungan hidup, termasuk menjaga agar masyarakat pesisir tidak mengalami bencana pesisir seperti abrasi pantai, khususnya di Kota Pariaman ini.

“Pemerintah sangat concern untuk menjaga lingkungan dan juga menjaga supaya masyarakat pesisir terutama tidak mengalami bencana pesisir, abrasi, khususnya di daerah Pariaman ini,” ungkap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pun berharap agar pohon Ketapang yang telah ditanam di Pantai Kata Pariaman ini juga dapat menjadi daya tarik terhadap wisatawan sehinnga dapat meningkatkan kunjungan destinawi wisata di Kota Pariaman. “Jadi Pohon Ketapang ini tidak hanya menjadi penahan abrasi,” imbuhnya.

“Mudah-mudahan betul-betul menjadi daerah wisata nanti, yang tidak saja kita menahan bencana tapi juga menjadi pantai yang indah, yang bisa menarik wisatawan,” harap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu.

Dalam kesempatan ini, telah ditanam sebanyak 300 bibit pohon Ketapang dengan diawali penanaman secara resmi oleh Wapres Prof. Kh. Ma’ruf Amin. Alasannya, Pantai Kata Pariaman menjadi pantai dengan wilayah risiko tinggi tsunami.

Pantai Kata Pariaman memiliki kondisi tanah yang landai sejauh dua kilometer dari pesisir laut. Kondisi ini menyebabkan Pantai Kata Pariaman membutuhkan vegetasi pelindung dari gelombang tsunami.

Dalam kegiatan ini, turut hadir dan ikut menanam pohon Ketapang Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Muhammad Luthfi, B.S., Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, John Wempi Wetipo, S.H., M.H., dan Sekretaris Utama Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir. Harmensyah, Dipl. SE, M.M.

Hadir pula Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., Wali Kota Pariaman, Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si., Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman, Fitri Nora, A.Md., serta anggota Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Hj. Lisda Hendrajoni, S.E., M.M.Tr.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY