Wapres Ma’ruf Meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik, Barito Utara

0
281
Sumber: https://www.wapresri.go.id/ atau Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres ) Republik Indonesia (RI).

NEWSCOM.ID, BARITO UTARA – Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, telah meresmikan Bandar Udara (Bandara) Haji Muhammad Sidik pada Selasa (30/3). Bandara ini berlokasi di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Seperti dilansir dari laman https://www.wapresri.go.id/, Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin menyatakan bahwa bandara menjadi salah satu prioritas pembangunan infrastruktur yang terus diupayakan oleh pemerintah.

“Pembangunan bandara sangat esensial karena bertujuan untuk mempersatukan Indonesia melalui konektivitas antarwilayah di seluruh tanah air, baik ditinjau dari sudut pandang politik, geografis, maupun ekonomi,” tutur Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin pada Selasa (30/3), dalam sambutannya saat meresmikan Bandara Haji Muhammad Sidik.

Pembangunan Bandara Haji Muhammad Sidik ini, lanjutnya, merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam meningkatkan konektivitas udara. Bandara ini sangat penting karena sejalan dengan program prioritas nasional, yakni mendukung pembangunan lumbung pangan (food estate).

“Pengadaan bandara ini juga sejalan dengan pembangunan lumbung pangan di Provinsi Kalteng yang menjadi program prioritas nasional,” imbuhnya.

Selain itu, Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini pun mengapresiasi pembangunan bandara yang mengusung kearifan lokal dan berlokasi di ibu kota Kabupaten Barito Utara ini.

“Bandara (ini) dibangun dengan bentuk rumah adat Betang dan motif Saluang Teweh serta ornamen motif sulur khas Kalimantan Tengah, yang tentunya juga akan menambah kebanggaan masyarakat Kalimantan Tengah akan keberadaan bandara ini,” ujarnya.

Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin juga berharap agar Bandara Haji Muhammad Sidik dapat dikelola dengan baik sehingga mampu memberikan kontribusi positif dalam mendukung pergerakan ekonomi, industri wisata, industri kelapa sawit, serta pertambangan batubara dan emas di Kalimantan Tengah.

“Saya juga berharap agar kerja sama dengan maskapai-maskapai penerbangan dapat dijalin dengan baik. Demikian juga dengan layanan kargo sehingga komoditas produk yang dihasilkan dari Kabupaten Barito Utara dapat didistribusikan ke berbagai wilayah,” harap Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrohim, saya nyatakan Bandar Udara Haji Muhammad Sidik ini resmi beroperasi,” ucap Wapres yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY