Video Webinar SDG’s Hari Ketiga, Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi

0
736

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Eksyar (Ekonomi dan Keuangan Syariah) Preneur Indonesia di laman https://youtu.be/7Aa4p21xu5Q merupakan siaran langsung (live streaming) dari Web Seminar (WebinarInternational Sustainable Development Goals (SDG’s) Hari Ketiga.

Video berdurasi 3 jam 11 menit 30 detik ini merupakan ‘Webinar Internasional Tujuan-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’ dengan tema: “Optimizing The Role of Millenials in Achieving the SDG’s atau ‘Optimalisasi Peran Milenial Dalam Mencapai Tujuan-Tujuan Pembangunan Berkelanjutan’.

Kegiatan berskala internasional ini tayang pada Ahad (30/5), Pukul 13.00 – 16.15 Waktu Indonesia Barat (WIB), dan diselenggarakan oleh World Indonesian Millenials Forum atau ‘Forum Milenial Indonesia Dunia’.

Acara ini merupakan hasil kerja sama dari EksyarPreneur Indonesia, Indonesian Millenials Project (IMP), Santri Medunia, dan Gerakan Santriprenenur Nusantara (GENINUSA).

Webinar Internasional SDG’s ini juga didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud – Ristek) RI, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI, dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Rangkaian kegiatan pada hari ketiga ini dipandu oleh dua orang pembawa acara (host), yakni Fadhillah Ath-Thabrony selaku chairman (Ketua) IMP dan Neng Ipin Oktaviani selaku Sekretaris Jenderal IMP. Adapun moderator dalam acara ini ialah Nina Agustina dari IMP.

Sedangkan laporan kegiatan dibacakan oleh ketua panitia pelaksana, Sulaiman, lalu tilawah ayat-ayat suci Al-Qur’an dibacakan oleh Muhammad Abdurrahman Ghofiqi dari IMP. Kemudian, pembacaan do’a dipandu oleh Feri Hidayatullah.

Kegiatan berskala internasional ini dibuka secara virtual dengan pemberian kata sambutan oleh Chief Executive Officer (CEO) Eksyar Preneur Indonesia, Arya Nur Fauzi, dan Presiden IMP, Hafiz Nur Arifin.

Selain itu, terdapat sejumlah narasumber dalam webinar internasional hari ketiga ini, antara lain Staf Ahli Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Dr. Drs. Hamdani, M.M., M.Si., Ak.

Beliau hadir secara virtual mewakili Mendagri RI, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., yang berhalangan karena ada acara lain.

Adapun materi yang dibahas ialah: “Optimalisasi Kebijakan Kementerian Dalam Negeri RI dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia.

Narasumber lainnya dalam Webinar Internasional SDG’s pada hari ketiga ini ialah Nur Agis Aulia, S.Sos., selaku Co-Founder merangkap CEO Banten Bangun Desa, juga seorang petani di Indonesia Bangun Desa.

Saat ini, beliau juga mengemban amanat selaku Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang, serta menjadi pemilik (owner) dari Jawara Banten Farm (Peternakan Jawara Farm). Adapun materi yang dibahas ialah: “Optimalisasi Peran Agropreneur Dalam Mengentaskan Kemiskinan”.

Narasumber selanjutnya ialah Rendy Prihartono, S.H., selaku Direktur Utama PT. Rahayu Mandiri Group Indonesia yang juga pemilik RM. Collect (Jasa Konveksi Bogor). Beliau juga mengemban amanat selaku Sekretaris Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN).

Materi yang dibahas ialah: “Optimalisasi Peran Wirausaha Muda Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi.”

Hal unik lainnya dari webinar ini ialah penggunaan empat bahasa dalam sesi pembukaan dan pemberian kata sambutan, yakni Bahasa Indonesia, Inggris, Arab dan Turki. Bahkan para peserta yang beruntung dan mampu menjawab pertanyaan panitia akan mendapatkan hadiah eksklusif dalam bentuk kouta internet dan hadiah lainnya.

Lalu setiap peserta yang mendaftar (registrasi) melalui formulir elektronik (e-form) di laman http://www.bit.ly/WIMF_SDGS_2021, kemudian mengikuti webinar secara penuh, maka mereka akan mendapatkan sertifikat elektronik (e-certificate) dari panitia.

Webinar internasional SDG’s pada hari ketiga ini ditutup oleh CEO Eksyar Preneur Indonesia, Arya Nur Fauzi, dan Presiden IMP, Hafiz Nur Arifin. Keduanya menyampaikan kata penutup di akhir sesi acara.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube EksyarPreneur Indonesia di laman https://youtu.be/7Aa4p21xu5Q. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY