Video Webinar INTANI: “Peran Perbankan Dalam Menggerakkan Pertanian, Peternakan dan Perikanan Rakyat”

0
183

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/3o_URWxwfJI merupakan siaran langsung (live streaming) dari Live Web Seminar (Webinar) Inspirasi Bisnis Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI).

Video berdurasi 1 jam 59 menit 55 detik ini merupakan webinar yang mengangkat tema: Peran Perbankan Dalam Menggerakkan Pertanian, Peternakan, dan Perikanan Rakyat dan diselenggarakan pada Rabu (14/7), Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), oleh INTANI dan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Asisten Staf Khusus (Astafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Adapun pembawa acara (host) merangkap moderator dalam acara ini ialah Wakil Koordinator Sub Divisi Usaha Mikro, Kecail dan Menengah (UMKM), Divisi UMKM dan Ekonomi Kreatif (Ekraf) – Satuan Tugas (Satgas) Tim Pemulihan Ekonomi Daerah (TPED) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Helma Agustiawan, S.M.B.

Sedangkan narasumber dalam seminar daring ini ialah Direktur Pembiayaan Bank Nusa Tenggara Barat (NTB) Syariah, Muhammad Usman, dari Kota Mataram, NTB. Secara riil, Bank NTB Syariah baru berusia sekitar dua setengah tahun, tepatnya berdiri sejak 24 September 2018. Namun Bank NTB ini sesungguhnya telah berusia 57 tahun.

Bank NTB Syariah menjadi salah satu contoh sukses peralihan bank dari konsep perbankan konvensional menjadi konsep perbankan syariah di Indonesia. Bank NTB telah berusia 54,5 tahun sebelum akhirnya berubah menjadi Bank NTB Syariah.

Secara umum, webinar ini membahas seputar peran penting Bank NTB Syariah dalam proses penyaluran kredit syariah atau pembiayaan syariah kepada para petani, peternak, dan nelayan, temasuk pelaku ekonomi di ketiga bidang tersebut.

Ketiga lapangan kerja ini sangat penting bagi masyarakat Indonesia karena terbukti tetap mencatat pertumbuhan positif di tengah pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19). Ketiga lapangan ekonomi ini juga sangat dekat dan terkait erat dengan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilakukan masyarakat NTB.

Adapun sistem yang digunakan Bank NTB Syariah dalam penyaluran kredit kepada petani ialah Yarnen atau petani membayar pinjaman dari perbankan saat panen berlangsung.

Secara khusus, sub tema yang dibahas oleh narasumber, Muhammad Usman, ialah “UMKM NTB Gemilang: Menopang UMKM Pangan di Era Pandemi COVID-19.

Selain itu, Bank NTB Syariah juga memiliki visi untuk semakin mendekatkan diri kepada masyarakat melalui penyaluran kredit syariah kepada para pelaku UMKM, khususnya di bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Webinar ini juga didukung oleh berbagai media massa daring seperti Indonesia Review  (http://indonesiareview.id/) Newscom.id (http://newscom.id/), Indonesia News Network  (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Selain itu, para peserta yang hadir di webinar Inspirasi Bisnis INTANI ini juga mendapatkan sertifikat elektronik (ecertificate) dari INTANI. Syaratnya, mereka harus mengisi formulir absensi elektronik (e-form) yang disediakan oleh panitia secara baik dan benar.

Berikut ini ialah video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/3o_URWxwfJI. Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat, terima kasih.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY