PPKM Darurat, Pemprov Bali Menyalurkan 76 Persen Bansos BPNT-BST-PKH

0
97
Gubernur Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. Sumber: https://regional.kompas.com/ Hubungan Masyarakat (Humas) Pemprov Bali.

NEWSCOM.ID, DENPASAR – Gubernur Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Bali telah mendistribusikan berbagai bantuan sosial dari pemerintah, baik dari Kementerian Sosial (Kemensos) maupun Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), kepada seluruh masyarakat penerima bantuan.

Seperti dikutip dari laman https://www.wapresri.go.id/, Gubernur Bali, Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., menyatakan hal itu pada Kamis (29/7) di Kota Denpasar, Bali.

Tepatnya saat Gubernur Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Satuan Tugas (Satgas) Coronavirus Desease 2019 (COVID-19) Wilayah Bali tekait penanganan pandemi COVID-19.

“Kami di Bali, program Bantuan Sosial (Bansos)-nya sudah terealisasi dan sudah mencapai 76%, baik dari Kemensos untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Sosial Tunai (BST), dan juga Program Keluarga Harapan (PKH) sudah cair,” tutur Gubernur Bali.

Kami bersama Bupati dan Walikota se-Bali, lanjutnya, sudah menjalankan bansos, semua masyarakat sudah menerima dan telah terealisasi lebih dari 70%, jadi tidak ada masalah. “Termasuk juga bantuan dari koperasi, yaitu Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), juga sudah cair, cukup besar,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali pun mengimbau para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk mengoptimalkan transaksi digital guna menangani dampak pandemi COVID-19.

“Memang sekarang UMKM-nya aktif, hanya memang karena ada pengendalian aktivitas, maka transaksi UMKM itu sangat rendah, di samping juga karena faktor daya beli yang lagi menurun,” ungkap Gubernur Dr. I r. Wayan Koster, M.M.

Karena itu, ucapnya, kami sekarang mulai dalam Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4, ini sebenarnya memberi kelonggaran sedikit, kemudian juga memberi ruang agar transaksi secara digital itu dapat lebih dioptimalkan.

Dalam acara ini, Gubernur Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., juga melaporkan situasi dan kondisi Provinsi Bali selama berlakunya PPKM Darurat kepada Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin.

Dalam rapat daring ini, turut hadir Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop UKM) RI, Drs. Teten Masduki, dan Jaksa Agung RI, Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M. Keduanya mendampingi Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin dari kediaman resminya di Jalan Diponegoro Nomor 2, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Sumber: https://www.wapresri.go.id/

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY