Video: “Webinar INTANI: Siasati Pasar Dengan Mengatur Jumlah Tanaman Semangka”

0
92

NEWSCOM.ID, NUNUKAN – Video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/Ij1Un59wQ_o merupakan siaran langsung dari Seminar Web (Webinar) Inspirasi Bisnis Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) Ke-38 pada Rabu (8/9), Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Video berdurasi 2 jam 3 menit 56 detik ini mengangkat tema: “Siasati Pasar dengan Mengatur Jumlah Tanam Semangka” serta diselenggarakan oleh INTANI Fresh dan Yesindo Erabaru Sinergi (YES) Indonesia Foundation.

Kegiatan ini dibuka secara daring oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Asisten Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Webinar ini menghadirkan seorang narasumber, yakni Palinrungi, seorang petani semangka yang sukses mengelola lahan di Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Ia berasal dari Kabupaten Sidrap, Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Adapun moderator merangkap pembawa acara (host) dalam webinar ini ialah pengurus DPP INTANI, Ila Failani Rizona, yang juga praktisi komunikasi publik.

Secara umum, webinar ini membahas seputar perjuangan hidup dan keberanian dari seorang Palinrungi untuk merantau dari Kabupaten Sidrap, Sulsel, ke Malaysia. Ia mengadu nasib sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Namun sejak 2005, Palinrungi banting setir ke Kabupaten Nunukan, Kaltara, untuk menjadi petani semangka dan melon. Berawal dari lahan seluas 1 hektare, Palinrungi pun bertanam buah semangka dan melon. Namun ternyata, produksi semangka dari lahan itu belum mampu memenuhi kebutuhan pasar di Kabupaten Nunukan.

Akhirnya, Palinrungi pun mengajak rekan-rekannya untuk bersama-sama menanam semangka, menambah luas kebun menjadi dua hektare, dan mengatasi tantangan berupa kondisi tanah yang sangat masam di Kabupaten Nunukan. Caranya ialah menggunakan pupuk dolomit (kapur).

Secara khusus, acara ini juga dihadiri oleh Tubagus Dedi Suwendi Gumelar alias Dedi ‘Miing’ Gumelar, seorang tokoh politik nasional yang juga artis (pelawak) senior Indonesia. Ia juga memberikan tanggapan terhadap paparan narasumber dalam webinar ini.

Webinar ini juga didukung oleh berbagai media massa daring seperti Indonesia Review  (http://indonesiareview.id/) Newscom.id (http://newscom.id/), Indonesia News Network  (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Selain itu, para peserta yang hadir di webinar Inspirasi Bisnis INTANI ini juga mendapatkan sertifikat elektronik (ecertificate) dari INTANI. Syaratnya, mereka harus mengisi formulir absensi elektronik (e-form) yang disediakan oleh panitia secara baik dan benar.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY