Gerakan Wakaf Uang MUI: “Penguatan Dakwah dan Ekonomi Umat”

0
75
Sumber: LW MUI / Muhammad Ibrahim Hamdani

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (LW MUI) Pusat bekerja sama dengan Gerakan Nasional (Gernas) MUI Penanggulangan Coronavirus Desease 2019 (COVID-19)  dan Pemulihan EKonomi telah menyelenggarakan Gerakan Wakaf Uang MUI pada Selasa (14/9), Pukul 13.30 – 15.30 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Acara ini mengangkat tema: “Wakaf Uang untuk Gerakan Dakwah dan Penguatan Ekonomi Umat” serta dibuka secara langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, Ir. H. Lukmanul Hakim, M.Si., Ph.D.

Beliau juga mengemban amanat selaku Ketua LW MUI dan Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Acara ini diselenggarakan secara hibrida, yakni secara luring di Aula Gedung Buya HAMKA, Kantor MUI Pusat, dan secara daring melalui aplikasi Zoom cloud meeting serta disiarkan secara langsung (live streaming) oleh akun Youtube Official TV MUI di laman https://youtu.be/fWcxw9gKOxA.

Selain itu, turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI), Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, D.E.A., dan Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Miftachul Achyar, yang juga Rais A’am Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), dalam acara ini.

Keduanya juga menyampaikan kata sambutan dalam acara ini, lalu menyaksikan secara langsung prosesi penyerahan dana Wakaf Tunai dari dua pengusaha Muslim nasional, yakni H. Mohammad Jusuf Hamka dan Hj. Diana Dewi, S.E.

H. Mohammad Jusuf Hamka ialah pemilik PT. Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), Tbk, sedangkan Hj. Diana Dewi, S.E., ialah Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Keduanya menyerahkan dana wakaf tunai maisng-masing senilai Rp 500 juta.

Hadir juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan MUI Pusat, Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.Ag., dan Direktur Eksekutif Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia (BI), H. Muhammad Anwar Bashori, M.E., dalam acara ini.

Turut hadir secara langsung Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pengembangan Keuangan Syariah dan Ekosistem Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ir. H. Ahmad Buchori, M.A.F., dan Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR), H. Nasyith Majidi, S.E., dalam acara ini.

Secara daring, hadir pula Kepala Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), H. Anggito Abimanyu, M.Sc., Ph.D., dalam acara ini.

Lebih lanjut, acara diteruskan dengan prosesi penandatanganan Naskah Komitmen Mendukung Gerakan Wakaf Uang MUI oleh KH. Miftachul Achyar, Prof. Dr. Ir. H. Mohammad Nuh, D.E.A., H. Muhammad Anwar Bashori, M.E., Ir. H. Ahmad Buchori, M.A.F., Hj. Diana Dewi, S.E., H. Nasyith Majidi, S.E., dan H. Mohammad Jusuf Hamka.

Turut hadir dan ikut menandatangani naskah komitmen ini perwakilan dari PT Fintek Karya Nusantara (Finarya), Wibawa Prasetyawan.

Kemudian, acara berlanjut dengan pengumpulan dana untuk Wakaf Tunai dari para hadirin yang hadir secara luring maupun daring. Hasilnya, terkumpul dana Wakaf Tunai senilai total 1 miliar 85 juta rupiah, termasuk dana wakaf dari H. Muhammad Jusuf Hamka dan Hj. Diana Dewi, S.E.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani.

LEAVE A REPLY