Stafsus Wapres Meresmikan Tambak Udang Vaname di Cilacap

0
92
Sumber: ARBI / Ir. H. Lukmanul Hakim, M.Si., Ph.D.

NEWSCOM.ID, CILACAP – Staf Khusus (Stafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang EKonomi dan Keuangan, Ir. H. Lukmanul Hakim, M.Si., Ph.D., telah meresmikan budi daya tambak udang vaname di Desa Babakan, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, pada Jumat (17/9).

Seperti dilansir dari laman https://investor.id/, acara peresmian ini dihadiri oleh Wakil Bupati Cilacap, H. Syamsul Aulia Rachman, S.S.T.P., M.Si. Hadir juga unsur-unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Cilacap, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kawunganten, dan aparat Pemerintah Desa Babakan.

Hadir pula perwakilan dari PT. Pertamina (Persero), Perusahaan Umum (Perum) Perhutani, dan Arus Baru Indonesia (ARBI) dalam acara ini. Tambak udang vaname seluas satu hektare ini dibangun melalui kolaborasi ARBI, Koperasi Produsen Sakyeg Saeko Proyo, dan petani tambak rakyat milenial. Acara ini juga didukung PT Pertamina dan Perum Perhutani.

“Wapres RI, Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, terus mendorong pemulihan ekonomi kerakyatan di tengah pandemi Coronavirus Desease 2019 (Covid-19). Pengembangan tambak udang vaname menjadi salah satu upaya membangkitkan ekonomi kerakyatan,” jelas Ir. H. Lukmanul Hakim, M.A., Ph.D.

Menurutnya, program penguatan ekonomi berbasis kerakyatan ini berdasarkan pada komitmen kemandirian ekonomi sebagai kunci kesejahteraan. “Tentu saja komitmen kemandirian ekonomi ini harus sesuai dengan potensi wilayah masing-masing,” imbuhnya.

“Kabupaten Cilacap memiliki potensi luar biasa untuk sektor perikanan budi daya, khususnya udang vaname. Namun untuk mengoptimalkan potensi tersebut, perlu kontribusi seluruh stakeholder (pemangku kepentingan),” ucap H. Lukmanul Hakim, Ph.D.

Di tengah pandemi Covid-19, lanjutnya, kita membutuhkan skema kebersamaan pembangunan. “Di Cilacap, sektor perikanan budidaya udang vaname memiliki potensi yang luar biasa,” paparnya.

Dalam kunjungan ini, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si., Ph.D., didampingi oleh Asisten Stafsus Wapres RI Bidang EKonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., dan Dhika Yudistira.

Seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com/, Ir. Lukmanul Hakim, Ph.D., juga menjadi narasumber dalam seminar bertajuk: Penguatan Ekonomi Kerakyatan Di Tengah Pandemi Coronavirus Desease 2019 : Budi Daya Tambak Udang Vaname.

Seminar ini berlangsung di Balai Desa Babakan, Kecamatan Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, pada Jumat (17/9). Kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap, Perusahaan Umum (Perum) Perhutani, dan PT. Kilang Pertamina Internasional (KPI) (Persero) Unit Cilacap.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY