Video: “Webinar: Olah Kualitas Garam: Meningkatkan Nilai Jual, Rambah Ekspor”

0
111

NEWSCOM.ID, KABUPATEN CIREBON – Video pada akun Youtube Indonesia Review di laman https://youtu.be/pJjuXXABkEY merupakan siaran langsung (live streaming) dari Seminar Web Inspirasi Bisnis Perkumpulan Insan Tani dan Nelayan Indonesia (INTANI) ke-45 pada Rabu (10/11), Pukul 09.00 – 11.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Video berdurasi 2 jam 21 menit 15 detik ini merupakan seminar daring dengan tema: “Olah Kualitas dan Ragam Garam: Menaikkan Nilai Jual Serta Rambah Ekspor”.

Webinar ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) INTANI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga Asisten Staf Khusus (Astafsus) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Bidang Ekonomi dan Keuangan.

Acara ini menghadirkan seorang narasumber, yakni petani garam asal Cirebon, Septi Ariyani, S.Pi., yang juga pengusaha muda pemilik (owner) Rama – Shinta The House of Salt. Usaha ini bergerak dalam bidang pengolahan bahan baku garam menjadi produk perawatan kecantikan, kesehatan tubuh, kosmetik dan spa.

Toko Rama-Shinta The House of Salt ini berlokasi di Desa Grogol, Kecamatan Gunung Djati, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat. Usaha ini bermula dari rasa peduli dan tekad kuat Septi Ariyani untuk memberdayakan para petani garam di Pantai Utara Jawa Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ia memulai usahanya sejak 2016 lalu.

Apalagi Septi Ariyani adalah alumnus dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan – Universitas Brawijaya (Unibraw), Malang. Ia juga berpengalaman sebagai pendamping dalam program Pengembangan Usaha Garam Rakyat (PUGar) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI).

Hingga kini, terdapat sekitar 50 petani garam yang telah menjadi mitra kerja maupun petani penggarap dalam usaha Rama-Shinta The House of Salt. Ia pun bersyukur karena usaha yang didirikan telah mampu memberdayakan dan mempekerjakan sekitar 50 petani yang tinggal di Kabupaten Cirebon tersebut.

Adapun moderator merangkap pembawa acara dalam kegiatan ini ialah salahseorang pengurus DPP INTANI, Ila Failani, yang juga praktisi komunikasi publik dan hubungan masyarakat (humas). Ia juga aktif di dunia jurnalistik.

Secara khusus, turut hadir dan menjadi penanggap secara daring Tubagus Dedi Suwendi Gumelar alias Dedi ‘Miing’ Gumelar. Ia adalah seorang tokoh nasional yang juga artis (pelawak) senior Indonesia dan pemerhati budaya Banten.

Webinar ini juga didukung oleh berbagai media massa daring dan elektronik seperti Indonesia Review (http://indonesiareview.id/) Newscom.id (http://newscom.id/), Indonesia News Network (http://inn.co.id/home/), Koran Nasional (http://korannasional.com/) dan TANI TV (https://tani.tv/), serta Indonesia Daily.Id (http://indonesiadaily.id/).

Selain itu, para peserta yang hadir di webinar Inspirasi Bisnis INTANI ini juga mendapatkan sertifikat elektronik (e–certificate) dari INTANI. Syaratnya, mereka harus mengikuti minimal 75 persen rangkaian acara serta mengisi formulir absensi elektronik (e-form) yang disediakan oleh panitia secara baik dan benar.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY