Muslim ‘Youth Connection’ 2021: “Masjid, Pemuda, dan Ekonomi Syariah”

0
547
Sumber: PRIMA DMI / Ahmad Arafat Aminullah

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sejumlah topik akan dibahas dalam acara Muslim Youth Connection 2021 yang akan diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat (PP) Perhimpunan Remaja Masjid (PRIMA) Dewan Masjid Indonesia (DMI) pada Jumat (10/12) hingga Ahad (12/12) di Masjid Istiqlal, Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Acara ini mengangkat tema: From Youth to Mosque: Bridging The Youth Collaboration for The Future of Muslim Society” atau “Dari Pemuda ke Masjid: Menjembatani Kolaborasi Pemuda untuk Masa Depan Masyarakat Muslim”.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari acara Musyawaran Pimpinan Nasional (Muspimnas) PP PRIMA DMI 2021, sebagai pelaksanaan kewajiban dari amanat Anggaran Dasar / Anggaran Rumah Tangga (ART) PRIMA DMI.

Adapun beberapa topik yang akan dibahas dalam Muslim Youth Connection 2021, antara lain: From Youth to Mosque True Impact from The Story of Youth Muslim Contributionatau Dari Pemuda Menuju Masjid: “Dampak Nyata dari Cerita Kontribusi Pemuda Muslim.”

Topik lainnya ialah Bridging The Youth “Leading Mosque with Inclusivity and Diversity” atau Menjembatani Pemuda “Masjid Terkemuka dengan Inklusivitas dan Keragaman dan Future Muslim Society “Affecting People Through Mosqueatau Masyarakat Muslim Mada Depan “Mempengaruhi Orang Melalui Masjid.”

Selain itu, masih ada enam topik lainnya, antara lain Contribution From Youth to Shape The Future of Sharia Economic in Indonesia atau Kontribusi Dari Pemuda untuk Membentuk Masa Depan Ekonomi Syariah di Indonesia dan New Wave of Industry Halal in Indonesia atau Gelombang Baru Industri Halal di Indonesia.

Empat topik lainnya, antara lain Bringing The New Concept of Inspiring Mosque atau Menghadirkan Konsep Baru Masjid yang Inspiratif, dan Cross-Sector Collaboration for The Better Future of Mosque atau Kolaborasi Lintas Sektor unutk Masa Depan Masjid yang Lebih Baik.

Dua topik lainnya yakni Accelerating Mosque as Youth Empowerment Centre atau Akselerasi Masjid sebagai Pusat Pemberdayaan Pemuda, dan Menggagas Masjid Sebagai Benteng Persatuan Umat dan Bangsa.

Rencananya, acara ini akan menghadirkan lebih dari 30 narasumber, diantaranya ialah dua tokoh umat yang juga tokoh nasional selaku narasumber utama atau keynote speaker, antara lain Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Narasumber utama lainnya ialah Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Beliau ialah Wapres RI Ke-10 dan Ke-12, dan mengemban amanat sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat.

Sedangkan dalam upacara pembukaan atau opening ceremony, rencananya akan hadir Ketua Umum PP PRIMA DMI, Ahmad Arafat Aminullah, S.T., selaku narasumber bersama-sama dengan Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D.

Dua narasumber lainnya dalam upacara pembukaan ini ialah Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. Dr. K.H. Nasaruddin Umar, M.A., dan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY