Resepsi 20 Tahun Pertukaran Tokoh Muda Muslim Indonesia-Australia, Inisiator Buku G20 Hadiahkan Buku kepada Dubes Australia

0
45
Inisiator dan Editor buku G20 Yanuardi Syukur menghadiahkan buku G20 kepada Dubes Australia H.E. Penny Williams PSM di Rumah Dubes Australia, Jakarta (24/10/2022)

NEWSCOM.ID – Inisiator dan Editor buku G20 Yanuardi Syukur menghadiahkan buku G20 yang diterbitkan atas inisiatif Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia dengan Perpusnas Pres kepada Dubes Australia H.E. Penny Williams PSM di Rumah Dubes Australia, Jl. Teuku Umar, Jakarta (24/10/2022).

Saat menyampaikan remarks pada “Resepsi 20 tahun Perayaan Australia-Indonesia Muslim Exchange Program”, Yanuardi Syukur yang juga Founder dan Ketua Forum Alumni AIMEP menyampaikan bahwa peran tokoh muda Muslim sangat strategis dalam memperkuat relasi Indonesia dan Australia.

“Peran second track diplomacy sesungguhnya telah dimainkan oleh para tokoh dari Indonesia dan Australia dalam bentuk sharing pengetahuan, penerbitan buku, saling berkunjung, serta pengayaan berbagai topik kontemporer antara Indonesia dan Australia,” kata Yanuardi.

Pada tahun 2017, Yanuardi Syukur menginisiasi dan menerbitkan buku “Hidup Damai di Negeri Multikultur” yang diterbitkan Gramedia. Selanjutnya, atas nama Forum Alumni AIMEP ia bersama koleganya juga menerbitkan buku “Muslim Milenial”, serta berbagai cerita terkait “Muslim dan Pandemi.”

Pada event G20, ia menginisiasi terbitnya buku G20 dalam 4 jilid Bahasa Indonesia dan 4 jilid Bahasa Inggris. “Buku tersebut ditulis oleh 150-an penulis Indonesia dalam berbagai topik seperti hubungan internasional, kesehatan, pariwisata dan ekonomi kreatif, pendidikan, moderasi beragama, ketahanan pangan, kepemudaan, dan lain sebagainya,” kata Yanuardi yang juga Pengurus Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerjasama Internasional MUI Pusat.

Selain itu, Yanuardi juga menggagas International Conference on Indonesia and Global Affairs (ICIGA) yang telah berlangsung empat kali bertempat di ITS Tower, Executive Room BRIN, Universitas Paramadina, dan DPRD DKI Jakarta secara hybrid.

Buku G20 berjudul “Pulih Bersama Bangkit Perkasa: Gagasan Optimis dari Indonesia untuk Kebangkitan Dunia Pasca Pandemi Covid-19” tersebut dieditori oleh Yanuardi Syukur, Anisah Setyaningrum dan Sitta Rosdaniah. Buku tersebut juga telah dihadiahkan kepada Asisten Staf Khusus Wapres Guntur Subagja, Asrori S. Karni, dan Misbahul Ulum di Sekretariat Wakil Presiden RI, Jl. Kebon Sirih, Jakarta.

Buku G20 itu juga akan diluncurkan secara resmi di Auditorium Gedung Perpusnas RI Jakarta oleh Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando yang disusul dengan diskusi terkait buku tersebut. Peluncuran buku akan dihadiri juga oleh para penulis buku G20 dari beberapa kota di Indonesia.*

LEAVE A REPLY