Empat Rekomendasi Rapimnas III DMI dan Mandat Jusuf Kalla

0
950
Sumber: DMI / https://news.detik.com/

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia (DMI) telah melaksanakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) III pada Senin (6/3) hingga Selasa (7/3) di Gedung DMI Pusat, Lantai 4, Jakarta. Rapimnas III ini mengangkat tema: “Memakmurkan dan Dimakmurkan Masjid“.

Salah satu hasil dari Rapimnas III ini ialah empat poin Rekomendasi secara tertulis. Seperti dikutip dari laman https://kabarindo.com/, berikut ini ialah empat poin rekomendasi itu.

“Setelah diskusi dengan seksama dan penuh kekeluargaan, dengan niat mulia dan beribadah kepada Allah SWT (Subhanahu Wa Ta’ala), akhirnya Rapimnas III DMI mengeluarkan 4 Rekomendasi sebagai berikut:”

  1. Semua program kerja yang telah disepakati dengan baik dalam Muktamar dan Rapimnas sebelumnya yang belum terlaksana agar secara serius diupayakan dapat dilaksanakan oleh pengurus pusat, pimpinan wilayah dan seluruh Pimpinan DMI se-Indonesia, sehingga dapat dilaporkan dalam muktamar yang akan datang.

2. Rapimnas III sepakat dan mendukung hasil Rapimnas II tahun 2022:

“Melalui berbagai pertimbangan pembahasan meyeluruh di Pimpinan Pusat, maka penyelenggaraan Muktamar VIII DMI yang seharusnya dilaksanankan bulan Juli – November 2022, diundur menjadi bulan Juli – November 2023. Pengunduran disebabkan masih adanya kendala sebagai dampak pandemi Covid-19 yang tidak kunjung tuntas pertimbangan pertimbangan lain, termasuk datangnya  tahun politik 2024.  Dengan mengingat suasana politik tersebut, Muktamar ditunda sampai sesudah pemilu 2024.”

3. Untuk menjaga netralitas DMI sebagai organisasi yang mengayomi masjid dan mushola di seluruh Indonesia di mana jemaah masjid memiliki pilihan politik yang beraneka ragam, maka kami sepakat bahwa secara organisasi, DMI netral dalam proses politik praktis.

4. Dalam kaitan kemitraan DMI dengan pihak eksternal, maka Rapimnas III meminta Pimpinan Pusat, Pimpinan Wilayah, Pimpinan Daerah, dan pimpinan cabang DMI agar lebih meningkatkan silaturahmi dan berkoordinasi dengan eksternal untuk memaksimalkan program kerjasama yang bermanfaat untuk organisasi, kemaslahatan umat, dan kemakmuran masjid.

Dalam sesi mendengarkan laporan perkembangan hasil tugas PW-PW DMI Se-Indoensia dan pembahasan rekomendasi, Rapimnas III DMI ini dipandu oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A.

Kemudian Wakil ketua Umum PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol.) Purnawirawan (Purn.) Dr. (H.C.) Drs. H. Syafrudin Kambo, M.Si., secara khusus membacakan Mandat Langsung dari Ketua Umum (Ketum) PP DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., di depan para peserta Rapimnas III DMI.

Seperti dikutip dari laman https://news.detik.com/, Waketum PP DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Syafruddin Kambo, M.Si., telah menerima Mandat Langsung dari Ketua Umum PP DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., untuk melaksanakan muktamar secara gradual, sesuai dengan Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) DMI.

“Ketum DMI, Jusuf Kalla memberikan mandat untuk melaksanakan muktamar secara gradual sesuai AD/ ART,” tutur H. Syafruddin yang juga Ketua Yayasan Assalam Fil Alamin (ASFA) itu pada Senin (6/3).

Rekomendasi lainnya, lanjut H. Syafruddin yang juga Wakil Presiden (Wapres) Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) itu, ialah tidak menjadikan masjid sebagai panggung politik dalam pemilihan umum (pemilu) 2024.

“Pengurus masjid dilarang memberikan panggung politik untuk tokoh politik dalam pemilu 2024,” tegas H. Syafruddin.

Selain itu, DMI juga mengangkat Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Jenderal Polisi (Pol.) (Purn.) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D., sebagai Ketua Dewan Pakar PP DMI.

“Mengangkat Kepala BIN, Budi Gunawan, sebagai ketua dewan pakar DMI,” ujar Wakil Kepala Kepolisian RI (Wakapolri) Masa Bakti 2016-2018 ini.

Adapun Ketua Pelaksana Rapimnas III DMI ialah Ketua PP DMI, Inspektur Jenderal (Irjen.) Pol. (Purn.) Drs. H. Mas Guntur Laupe, S.H., M.H.

Turut hadir dan memberikan arahan serta kata sambutan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., dalam agenda ini. Beliau didampingi oleh sejumlah pengurus PP DMI, antara lain Wakil Ketua Umum (Waketum) PP DMI, Drs. KH. Masdar Farid Mas’udi, M.Si.

Turut hadir Waketum PP DMI, Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi (Pol.) Purnawirawan (Purn.) Dr. (H.C.) Drs. H. Syafruddin, M.Si., yang juga Wakil Presiden Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI). Beliau juga memberikan kata sambutan dalam acara ini.

Hadir pula Sejumlah Ketua PP DMI, antara lain Dr. H. Munawar Fuad Noeh, M.Ag., Drs. H. Andi Mappaganty, M.M., KH. Abdul Mannan A. Ghani,  Inspektur Jenderal (Irjen.) (Pol.) (Purn.) Drs. H. Mas Guntur Laupe, S.H., M.H., Drs. H. Rudiantara, M.B.A., dan Dr. Hj. Maria Ulfah Anshor, M.Si

Hadir juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) PP DMI, Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A., dan Bendahara Umum PP DMI, Dr. H. Machfud Sidik, M.Sc.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY