Diskusi CSPS SKSG UI – PT. Pegadaian Bahas Pembiayaan Syariah PUMK

0
252
Sumber: CSPS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) telah menyelenggarakan pertemuan dan Focus Group Discussion (FGD) atau Diskusi Kelompok Terpumpun dengan PT. Pegadaian pada Senin (12/6) sore di Sekretariat CSPS SKSG UI, Kampus UI, Cikini.

Pertemuan yang berlangsung secara daring dan luring ini membahas tindak lanjut dari kerja sama riset dan penelitian antara CSPS SKSG UI dengan PT. Pegadaian mengenai Program Pembiayaan Syariah Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil (PUMK) dan Gadai Emas Syariah.

Sebagai anak usaha dari PT. BRI, Tbk, PT. Pegadaian mendapat penugasan khusus dari PT. BRI, Tbk untuk mengelola Program Pembiayaan Syariah PUMK Berbasis Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Program Pembiayaan Syariah PUMK Berbasis TJSL BUMN yang dikelola oleh PT. Pegadaian merupakan amanat dari Peraturan Menteri BUMN Republik Indonesia (RI) Nomor: PER-1/ MBU/ 03/2023 Tentang Penugasan Khusus dan Program TJSL BUMN,” tutur Kepala CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si,, pada Senin (12/6).

Sedangkan Gadai Emas Syariah, lanjutnya, merupakan salah satu kegiatan bisnis utama dari Unit Usaha Syariah (UUS) PT. Pegadaian. “CSPS SKSG UI siap menjadi mitra strategis PT. Pegadaian dalam mengembangkan riset dan penelitian tentang Program Pembiayaan Syariah PUMK Berbasis TJSL BUMN dan Gadai Emas Syariah,” imbuhnya.

Dalam pertemuan ini, turut hadir secara luring Kepala CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., Wakil Kepala CSPS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., dan Sekretaris CSPS SKSG UI, Yanuardi Syukur, M.Si., serta Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Sedangkan dari PT. Pegadaian, turut hadir secara luring Kepala Divisi Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Pegadaian, Rully Yusuf, Human Resource and People Development (HRD) PT. Pegadaian, Reggy Nouvan, dan seorang staf lainnya dari PT. Pegadaian.

Secara daring, melalui aplikasi Jitsi Meet, hadir juga dua Peneliti CSPS SKSG UI, yakni Marlon S. C.Kansil, S.Pi., M.Si., dan Ir. Ajeng Pramastuty, S.T., M.Si.

“Pertemuan ini juga membahas isu-isu strategis mengenai pengembangan usaha mikro dan usaha kecil, serta rancangan model bisnis pembiayaan syariah yang mudah diakses oleh masyarakat bawah,” jelas Guntur Subagja Mahardika, M.Si.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti dan Bendahara CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY