CSPS SKSG UI Menghadiri Milad Ke-48 Tahun MUI

0
168
Sumber: CSPS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Segenap peneliti Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) turut hadir dalam Tasyakur Milad Ke-48 Tahun Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada Rabu (26/7) malam di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.

Misalnya, hadir Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., yang juga mengemban amanat sebagai Sekretaris Panitia Pelaksana “Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI,” sekaligus Sekretaris Lembaga Wakaf MUI Pusat.

Turut hadir Wakil Ketua CSPS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., dan Sekretaris CSPS SKSG UI, Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., yang juga mengemban amanat sebagai  Wakil Sekretaris Panitia Pelaksana Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI, sekaligus Anggota Komisi Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional (HLN KI) MUI Pusat.

Hadir pula Bendahara CSPS SKSG UI, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si, yang juga Anggota Divisi Media Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI. Ia juga mengemban amanat sebagai Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) MUI.

Hadir juga Staf CSPS SKSG UI, Prayesysyah, dalam acara bertema: ‘Memperkokoh Persatuan dalam Bingkai Keberagaman Menuju Indonesia Yang Lebih Sejahtera dan Bermartabat’ ini.

Turut hadir Kepala Center for Strategic and Global Studies (CSGS) SKSG UI, Dr. Hj. Shobichatul Aminah, M.Si., Kepala UI Halal Center, Prof. H. Muhammad Luthfi Zuhdi, M.A., Ph.D., dan Ketua Center for Strategic Entrepreneurial Leadership (CSEL) SKSG UI, Roy Darmawan, SE, M.Psi, dalam acara ini.

“Alhamdulillah, Kami, segenap pengurus dan peneliti CSPS CSGS SKSG UI, turut bersyukur dan mengucapkan selamat berbahagia atas terselenggaranya Tasyakur Milad Ke-48 Tahun MUI pada Rabu (26/7) malam, yang bertempat di Gedung Sasana Kriya, TMII, Jakarta,” tutur Wakil Ketua CSPS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil.

Semoga MUI, harapnya, dapat semakin memperkokoh persatuan dalam bingkai keberagaman Republik Indonesia (RI). MUI terbukti mampu mempertahankan kerukunan antar umat beragama di negara majemuk seperti Indonesia ini.

“MUI bersama-sama para tokoh agama, tokoh adat, tokoh bangsa dan organisasi keagamaan lainnya terbukti mampu hidup rukun dan damai di bumi pertiwi ini,” ungkap Dr. Nyoman Astawa, M.Phil., M.Si.

Kegiatan ini diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an, Surat Al-Hasyr Ayat 18-20, oleh Ustaz Dr. H. Sofyan Hadi Musa, S.Q., M.A. Acara ini berlangsung istimewa karena sejumlah pengurus Dewan Pimpinan MUI Pusat mengenakan baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain itu, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C) Drs. KH. Ma’ruf Amin, turut hadir dan memberikan pidato utama (keynote speech) di acara ini, dengan pakaian adat asal Sumatera Selatan (Sumsel).

Turut hadir dan menyampaikan laporan kepanitiaan Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidnag Ekonomi, Dr. H. Lukmanul Hakim, M.Si., yang juga Ketua Panitia Pelaksana (Organizing Committee/ OC) acara. Beliau menggunakan pakaian adat asal Jawa Barat.

Adapun pidato pembukaan (opening speech) disampaikan oleh KH. Dr, Marsudi Syuhud, M.M., yang menggunakan pakaian adat dari Jawa Barat.

Hal unik lainnya dalam Milad Ke-48 Tahun MUI ialah pembacaan Deklarasi Ittifaq Wathani (Komitmen Kebangsaan) yang dibacakan dan dipandu langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D.

Kemudian Deklarasi Ittifaq Wathani ditandatangani secara simbolis oleh Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI Pusat, KH. Dr. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si., serta para Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan MUI Pusat, yakni Buya Dr. H. Anwar Abbas, M.M., M.Ag., KH. Dr. Marsudi Syuhud, M.M., dan KH. Dr. Basri Bermanda, M.B.A.

Turut hadir dan menandatangani Deklarasi Ittifaq Wathani ialah Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Seni dan Budaya, KH. Dr. Jeje Zaenudin, M.Ag., Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D., dan Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan MUI Pusat, Buya Dr. H. Amirsyah Tambunan, M.A.

Selain itu, ada pula penampilan istimewa dari musik orkestra yang diaransemen oleh Muhammad Dwiki Dharmawan, S.H., M.Sn. Ada juga permainan piano dan persembahan lagu dari penyanyi fenomenal Indonesia, Ariani Nisma Putri, yang akrab disapa Putri Ariani.

Musik Orkestra yang diaransemen oleh Dwiki Dharmawan ialah lagu kebangsaan Indonesia Raya, Al-I’tiraf, dan Permata Indah Dunia. Lagu terakhir adalah ciptaan dari Putri Ariani. Kolaborasi antara Dwiki Dharmawan dan Putri Ariani mampu menampilkan harmonisasi syair, nada dan musik yang indah.

Lebih lanjut, Putri Ariani juga mendapatkan predikat kehormatan dari MUI berupa gelar Duta Seni Indonesia. Hal ini diumumkan langsung oleh Ketua Panitia Pelaksana Tasyakur Milad MUI Ke-48 Tahun, KH. Dr. Lukmanul Hakim, M.Si.

Adapun Pembawa Acara Tasyakur Milad MUI Ke-48 Tahun ialah David Chalik, S.T., M.M., M.Ag., yang juga Wakil Ketua Komisi Ukhuwah Islamiyah MUI Pusat. Sedangkan pembacaan doa di penghujung acara dipimpin oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Abdullah Djaidi.

Sumber: Akun Youtube Official TV MUI / https://youtu.be/pWmmTOcWChE / Milad 48 Tahun MUI

Penulis dan Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Wakil Sekretaris Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) MUI

Peneliti dan Bendahara Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Rumah Produktif Indonesia (RPI).

Direktur Jaringan Strategis dan Kerja Sama Institut Inisiatif Moderasi Indonesia (InMInd Institute).

LEAVE A REPLY