Peneliti CSPS SKSG UI Mengikuti ‘Australia Awards’ di Australia

0
191
Sumber: Yanuardi Syukur, M.Si.

NEWSCOM.ID, BRISBANE – Sekretaris dan Peneliti Center for Strategic and Policy Studies (CSPS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI), Dr. (Cand.) Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., telah terpilih sebagai salah satu peserta short course atau Kursus Singkat Australia Awards.

Kursus singkat ini mengangkat tema: Foreign Policy: Strategic Equilibrium In The Indo-Pacific atau “Kebijakan Luar Negeri: Keseimbangan Strategis di Indo-Pasifik”. Kegiatan ini berlokasi di Brisbane, Canberra dan Sydney di Australia dan berlangsung selama dua pekan, yakni sejak 17 November hingga 3 Desember 2023.

Selama berada di Brisbane, Presiden Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Rumah Produktif Indonesia (RPI) itu akan mengikuti berbagai serial diskusi dan seminar yang diselenggarakan oleh Griffith University.

“Khususnya diskusi terkait kebijakan luar negeri dan dinamika di kawasan Indo-Pasifik, yang mencakup negara-negara di sekitar Samudera Hindia dan Samudera Pasifik,” tutur Yanuardi Syukur pada Jumat (17/11), saat berada di Melbourne, Australia.

Dalam berbagai sesi dikusi dan seminar di Brisbane, lanjut Yanuardi Syukur, terdapat beberapa narasumber, antara lain Prof. Caitlin Byrne, Prof. Helen Johnson, Dr. Greta Nabbs-Keller dan Dr. Weley Morgan.

“Sedangkan dalam sesi diskusi dan seminar di Canberra, saya akan mengikutinya dengan sejumlah pembicara, antara lain Dr. Bryce Wakefield, Dr. Darren Lim, Dr. Beverley Loke, Prof. Douglas Guilfoyle, dan Mr. Stephen Dziedzic serta J. Wilson,” ujarnya.

Selain diskusi di kelas, Yanuardi Syukur bersama para peserta lainnya akan berkunjung ke sejumlah lokasi strategis di Australia, antara lain Brisbane City Hall, The Queensland Parliament, Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Australia dan Royal Australian Navy Sea Power Centre, Department of Defence.

Sementara itu, Ketua CSPS SKSG UI, Guntur Subagja Mahardika, M.Si., menyambut baik dan memberikan apresiasi positif atas terpilihnya Peneliti dan Sekretaris CSPS SKSG UI, Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., sebagai peserta kursus singkat Australia Awards.

“Harapan saya, kegiatan Australia Awards yang diikuti oleh peneliti dan sekretaris CSPS SKSG UI, Yanuardi Syukur,akan dapat memberikan pengayaan terkait isu-isu Indo-Pasifik setelah kembali ke Indonesia. CSPS SKSG UI menyambut baik hal ini. Selamat dan sukses,” jelas Guntur Subagja pada Jumat (17/11).

Kegiatan ini merupakan bagian dari short course atau kursus singkat yang diselengarakan oleh Australia Awards. Acara ini diikuti oleh 300 peserta (awardee) per tahun, yang berlangsung selama dua mingu di Australia dalam tema-tema spesifik. Setiap peserta pun dapat mengikuti pre-course dan post-course setelah kembali ke Indonesia.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Peneliti CSPS SKSG UI

LEAVE A REPLY