Konglomerat Afrika Borong 10 Ribu Unit Mobil Desa Buatan Indonesia

0
131

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Mobil karya anak bangsa mampu menembus pasar global. Mobil serbaguna pedesaan, AMMDes yang didukung oleh Kementerian Perindustrian Indonesia, diborong oleh orang terkaya di Afrika Aliko Dangote.

Dangote melalui perusahaannya Dangote Gorup membeeli kendaraan Alat Mekanis multiguna Pedesaan (AMMDes) untuk dipasarkan ke nigeria. “Dangote Group sangat berminat mengimpor untuk customernya disana,”ungkap Direktur Indutri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertaanan Kemenperin, Putu Juli Ardika, Senin (6/1/2020).

Pengusaha Afrika tersebut, jelas Putu, tertarik dengan AMMDes yang dengan fungsi penyedia air, pengolahan kasava, dan penanganan biji-bijian. Untuk tahap awal, tim Dangote Group akan mengecek tiga unit sample untuk dibawa ke Nigeria. “Direncanakan tahun ini ekspor sebanyak 1.000 unit,”jelasnya. Ekspor 10.000 unit tersebut akan dilakukan dalam kurun waktu 5 tahun.

Dangote Group beroprasi di Nigeria dan sejumlah negara Afrika, diantaanya Afrika Selatan, Zambia, Ghana, Togo, Benin, Kamerun.  Aliko Dangote, pemilik Dangote Group, adalah orang terkaya Afrika, yang menurut Bloomberg, memiliki kekayaan 4,3 miliar dollar pada 2019. Ia termasuk dala 100 pria terkaya dunia pada Bloomberg Billionaires Index.

AMMDes menjadi pionir Kementerian Perindustriaan karena produk otomotif ini memiliki multifungsi yang dapat mendukung ekonomi pedesaan. Mobil yang berukuran mini ini dapat berfungsi sebagai alat angkut, tapi juga bisa menjadi alat pengolah pertanian, sarana kontruksi, dan bahkan menjadi mobil pembangkit tenaga listrik dengan genset. Bisa juga mobil AMMDes ini mejadi kedaraan sarana kesehatan, seperti klinik mini berjalan. *

LEAVE A REPLY