Darurat COVID-19, Dompet Dhuafa Pasang 1.000 Unit Bilik Sterilisasi

0
113
Sumber: LKBN ANtara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Yayasan Dompet Dhuafa Republika (YDDR) akan memasang sebanyak 1.000 unit body chamber atau bilik sterilisasi untuk menangkal dan menanggulangi penularan wabah virus corona jenis baru atau COVID-19.

Khususnya wabah COVID-19 di Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Tangerang, serta Kota Tangerang Selatan (Kawasan Jabodetabek).

General Manajer (GM) Resource and Mobilization (Remo) Dompet Dhuafa, Doni Marlan, menyatakan hal itu pada Selasa (24/3), dalam rilisnya kepada Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. ‚ÄúSeribu unit ini akan disebar ke seluruh fasilitas umum di Jabodetabek,” imbuhnya.

Menurutnya, bilik sterilisasi itu dapat digunakan oleh masyarakat umum, baik pengguna moda transportasi maupun pejalan kaki, untuk mensterilkan seluruh badan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin menempel.

“Kandungan bahan cairan antiseptik yang digunakan untuk sterilisasi di bilik ini berbeda dengan cairan disiinfektan yang disemprotkan ke fasilitas publik,” ungkapnya.

Kalau yang ini, lanjutnya, kandungan disinfektannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer. “Jadi dijamin aman untuk publik dalam menggunakan bilik sterilisasi,” ujarnya.

Doni Marlan juga menjelaskan bahwa animo masyarakat maupun donatur terhadap kinerja tim Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa sangat tinggi. “Khususnya dalam upaya mencegah penyebaran wabah COVID-19 dengan bilik sterilisasi,” paparnya.

Doni pun berharap agar masyarakat dapat senantiasa merawat dan menjaga bilik sterilisasi sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. “Tujuannya untuk mensterilkan masyarakat dari kemungkinan penyebaran wabah COVID-19,” ucapnya.

“Pembuatan bilik itu juga dilakukan untuk memberdayakan bengkel las listrik, agar memperoleh pendapatan di tengah lesunya perekonomian akibat dampak wabah COVID-19,” jelas Doni Marlan.

Bilik sterilisasi itu, ungkapnya, akan dipasang di tiga area, yakni di Kepolisian Daerah (Polda) Metropolitan (Metro) Jakarta Raya (Jaya) sebanyak dua titik, di pintu masuk Pasaraya Blok M sebanyak satu titik, dan di Kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat sebanyak satu titik.

Selain pemasangan bilik sterilisasi, Dompet Dhuafa juga merespons cepat wabah COVID-19 dengan mendirikan pusat informasi atau Corona Center dengan layanan Call Center Siaga Dompet Dhuafa di nomor 0811 16 17 101.

Selain itu, Dompet Dhuafa pun menyiapkan unit khusus dan program-program pengendalian kasus COVID-19 dengan melibatkan Rumah Sakit Dompet Dhuafa.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY