Wagub Jatim: “Kurban Daring Menjadi Solusi Efektif Saat Pandemi COVID-19”

0
147
Sumber: https://surabaya.tribunnews.com/

NEWSCOM.ID, SURABAYA – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim), Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc., menyatakan bahwa berkurban secara daring saat Idul Adha 1441 Hijriah dan hari-hari tasyrik dapat menjadi solusi bagi masyarakat, di tengah keterbatasan gerak fisik selama pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

“Mudah-mudahan dengan adanya korban online, bisa memungkinkan lebih banyak masyarakat untuk menjalankan (ibadah) kurban. Semoga fitur korban onlineĀ tidak menghalangi semangat masyarakat untuk menjalankan ibadah di tengah keterbtasan selaa pandemi COVID-19,” tutur Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak, pada Rabu (29/7) pagi.

Tepatnya saat Wagub Jatim itu menjadi narasumber dalam acara Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional secara daring dari Rumah Dinas Gubernur Jawa Timur (Jatim), Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Provinsi Jatim, seperti dilansir dari laman https://surabaya.tribunnews.com/.

Wagub Emil Elestianto Dardak pun mengajak masyarakat Jatim untuk tetap berkurban secara daring. Apalagi saat ini masyarakat sulit untuk menunaikan ibadah kurban secara langsung karena faktor melemahnya perekonomian akibat pandemi COVID-19.

“Saya memahami hal itu (pelemahan ekonomi), termasuk upaya memenuhi protokol kesehatan COVID-19 untuk tetap menjaga jarak satu sama lain. Karena itu, berkurban secara daring dapat menjadi pilihan yang cukup aman bagi masyarakat,” ujarnya.

Dalam acara yang dilaksanakan secara langsung di Kandang Kambing Komunal, Kelompok Tani Ngudi Dadi, Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ini, Wagub Emil Elestianto Dardak pun menyampaikan rasa terima kasih dan kebanggaannya.

“Saya berterima kasih dan bangga ata terpilihnya Jawa Timur sebagai salah satu wilayah yang menjadi tempat pendistribusian hewan kurban dalam program Pencanangan Gerakan Teladan Berkurban Nasional ini,” ungkapnya.

Semoga kerja sama dengan seluruh elemen ini, lanjutnya, bisa terus berjalan ke depan.

Seperti dikutip dari Term of Reference (TOR) acara yang diberikan oleh PT. Bukalapak.com kepada NEWSCOM.ID, Rabu (29/7), Bukalapak telah bekerja sama dengan enam mitra strategis dalam meyediakan fitur Buka Qurban.

Adapun enam mitra strategis Bukalapak ialah Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Sedekah (LAZIS) Nahdlatul Ulama (NU) / LAZISNU, LAZIS Muhammadiyah / LAZISMU, Dompet Dhuafa (DD), Qurban Nusantara, Rumah Yatim, dan Program Domba Kambing Nasional (Prodombas) Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kegiatan ini juga didukung secara aktif oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI). Hal ini terlihat dari kehadiran Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) DMI, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, M.B.A., secara daring untuk memberikan arahan.

Editor: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY