Sekretariat Presiden Mengembalikan Naskah Asli Teks Proklamasi Kepada ANRI

0
820
Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden (Setpres) RI.

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Sekretariat Presiden Republik Indonesia (RI) telah mengembalikan Naskah Asli Teks Proklamasi, yang bertuliskan tangan Sang Proklamator RI, Dr. (H.C.) Ir. H. Soekarno, kepada Arsip Nasional RI (ANRI) pada Selasa (18/8) pagi.

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Selasa (18/8), Kepala Biro Administrasi, Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana, Sekretariat Presiden RI, Ucu, S.E., M.M., mengonfirmasi hal itu di Gedung O, ANRI, Jakarta. Tepatnya dalam rilis Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI.

“Sebelumnya, dokumen bersejarah ini turut dihadirkan dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada Senin (17/8),” ungkapnya.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih dan orang berdiri
Sumber: Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden RI

Menurutnya, naskah proklamasi asli ini merupakan dokumen sejarah yang amat sangat berharga dan memiliki nilai sejarah yang sangat luar biasa. “Dokumeni ini punya nilai sejarah yang sangat luar biasa, harus tetap kita jaga,” imbuh Ucu.

“Alhamdulillah pada kesempatan pagi hari ini, kami bisa menyerahkan kembali secara utuh kepada ANRI naskah proklamasi, yang kami pinjam sementara untuk keperluan pelaksanaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI,” paparnya.

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI itu juga menyatakan bahwa tim dari laboratorium ANRI telah terlebih dahulu melakukan verifikasi terhadap keaslian naskah proklamasi ini.

“Alhamdulillah, tadi setelah dilakukan proses pengujian oleh tim dari laboratorium ANRI, naskah yang kami kembalikan berarti benar-benar asli, naskah awal yang semula kami bawa ke Istana,” jelas Ucu.

Artinya, lanjut Ucu, kami di Istana, semuanya bisa menjaga dokumen bersejarah itu dengan baik dan sebagaimana harusnya.

Naskah Asli Teks Proklamasi Asli itu lalu dibawa dari tempat penyimpanan di Istana Merdeka menuju ANRI, kemudian dilakukan proses serah terima.

Proses pengembalian ini dilakukan oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden RI, Ucu, S.E., M.M., kepada Sekretaris Utama ANRI, Drs. Imam Gunarto, M.M. Turut hadir para pejabat pimpinan tinggi madya ANRI dan Direktur Pengolahan ANRI, Drs. Agus Santoso, M.Hum., dalam acara ini.

Dalam sambutannya Sekretaris Utama ANRI, Drs. Imam Gunarto, M.M., menyampaikan apresiasi kepada Istana Kepresidenan. Khususnya karena memamerkan arsip Teks Proklamasi hasil tulisan tangan asli Bung Karno  dalam Upacara Peringata Detik_Detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

“Kami atas nama Arsip Nasional dan Komunitas Kearsipan Nasional menghaturkan terima kasih atas kepercayaan pemerintah untuk bisa memamerkan arsip teks proklamasi yang asli dalam peringatan yang sangat penting bagi negara kita,” ungkap Imam Gunarto.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY