Infografik Renovasi Besar-Besaran Perdana dan Wajah Baru Masjid Istiqlal

0
234
Sumber: https://www.antaranews.com/infografik/1938140/wajah-baru-masjid-istiqlal

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Masjid Negara Republik Indonesia (RI), Masjid Istiqlal, telah menjalani proses renovasi selama 20 bulan terakhir, sejak Mei 2019 hingga diresmikan oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, pada Kamis (7/1). Renovasi besar-besaran perdana selama 42 tahun terakhir ini, sejak berdiri pada 1978, telah melibatkan 1.000 pekerja.

Masjid terbesar di seluruh wilayah Indonesia ini, bahkan di Kawasan Asia Tenggara, telah mengalami renovasi dalam berbagai bidang seperti arsitektur masjid, penataan kawasan masjid dan sekitarnya, saluran air dan kelistrikan masjid, serta interior (bagian dalam), eksterior (bagian luar) dan penanda masjid.

Berdasarkan infografik Masjid Istiqlal dari Kantor Berita Antara, seperti dikutip dari laman https://www.antaranews.com, Masjid ini memiliki luas area sebesar 109.547 meter persegi (m²), dengan luas bangunan masjid mencapai 80.948 m², tinggi ujung menara 30 m, tinggi menara 66,66 m, dan diameter kubah 45 m, serta daya tampung 200.000 orang.

Masjid Istiqlal yang memiliki 5.138 tiang pancang dan 12 pilar utama ini berlokasi di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta.

Selama 15 bulan renovasi besar-besaran tahap pertama Masjid Istiqlal, sejak Mei 2019 hingga 24 Juli 2020, proses ini telah menggunakan anggaran sebesar Rp 465,3 miliar dengan PT Waskita Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor pelaksana dan PT Virama Karya (Persero) sebagai konsultan manajemen.

Sedangkan arsitek yang menangani proyek renovasi Masjid Istiqlal ialah Ir. H. Munichy Bachron Edrees, M.Arch., seorang pakar arsitektur yang pernah menjabat Ketua Umum Ikatan Arsitek Indonesia (IAI).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY